Luncurkan Kampanya 'Nikmati Warna-Warni Eropa Keunggulan Cita Rasa', Uni Eropa Promosi Produk Makanan di Indonesia

By Ulfa, Jumat, 27 Agustus 2021 | 13:10 WIB
Ilustrasi pasta (pexels)

SajianSedap.com - Banyak orang Indonesia yang mempunyai hobi untuk mencoba banyak makanan-makanan khas di seluruh dunia.

Ketika mengunjungi suatu negara, restoran terkenal atau makanan khasnya pasti tak akan ketinggalan untuk kita coba.

Tapi bagi beberapa orang untuk mencicipi makanan luar negeri khususnya makanan Eropa pastinya sulit ya.

Namun, hal itu sekarang bukan jadi kendala, nih.

Baca Juga: Resep Pankakor Enak, Menu Sarapan Pancake Variatif Ala Eropa

Karena Uni Eropa mengumumkan peluncuran kampanye "Nikmati Warna-Warni Eropa. Keunggulan Cita Rasa".

Rangkaian kegiatan kampaye ini diketahui untuk memperkenalkan dan mempromosikan berbagai produk makanan dan minuman Uni Eropa pada pasar Indonesia.

Rangkaian kegiatan kampanye ini diketahui akan berlangsung selama 12 bulan.

Uni Eropa Promosi Produk Makanan di Indonesia

Selama satu tahun kedepan, kampanye ini akan menampilkan berbagai produk makanan dan minuman Uni Eropa, termasuk daging (sapi dan ayam), produk susu, produk organik, serta minuman beralkohol dan non-alkohol.

Kegiatan kampanye ini berupaya mempromosikan produk makanan dan minuman Uni Eropa berdasarkan model keamanan pangan "Dari Pertanian Hingga Ke Penyajian".

"Bagi masyarakat Eropa, menjalankan budidaya serta menghasilkan makanan bukanlah menjalankan bisnis semata.

Ada semangat yang kuat, standar yang diterapkan, serta warisan budaya kuliner yang diapresiasi." ujar Kepala Seksi Perdangangan dan Ekonomi pada Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Marika Jakas, Rabu (25/8/2021).

Uni Eropa Promosi Produk Makanan di Indonesia

Baca Juga: Resep Spageti Bola Keju Goreng Enak, Sarapan Ala Eropa yang Menggoda

Marinka pun menyebut  bahwa produk makanan Uni Eropa ini menjamin konsumen seluruh dunia dapat menikmati keamanan makanan di tingkat tertinggi.

Indonesia juga menganut nilai-nilai yang serupa dengan semangat menerapkan standar kualitas yang tinggi, dengan tetap menekankan pada makanan tradisional yang berasal dari warisan budaya nasional yang telah tertanam kuat.

Uni Eropa dan Indonesia telah memperdalam hubungan dalam beberapa tahun terakhir ini serta berkomitmen untuk lebih meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi.

Alexander Nayoan, Ketua Pelatihan Sumber Daya Manusia pada Perhimpuanan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengatakan bahwa Bahan makanan Uni Eropa dikenal baik atas keunggulan kualitas, keamanan, dan keaslian (otentik).

"Restoran dan hotel terkemuka memilih untuk menggunakan berbagai bahan masakan dari Uni Eropa.

Permintaan atas makanan organik akan terus tumbuh di Indonesia, khususnya yang didorong kesadaran di tingkat global atas berbagai upaya mewujudkan lingkungan hidup yang lebih berkelanjutan," ujarnya.

Alexander juga menyebut bahwa masyarakat memperlihatakan minat yang kuat untuk mengetahui bagaimana sistem pangan dapat diregulasi untuk memastikan keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi.

"Mereka ingin tahu bagaimana mereka bisa ikut serta dalam memberikan dukungan sebagai konsumen dan juga sebagai sektor bisnis. Rangkaian kampanye ini akan menjadi sangat relevan dengan masa-masa perubahan seperti saat ini," lanjutnya.

Baca Juga: Resep Membuat German Cheese Cake, Kudapan Ala Eropa Yang Mudah Kita Buat Di Rumah

Selain itu, Chef profesional Degan Septoadji menambahkan, "Pandemi COVID-19 telah membuat pergeseran pada banyak aspek kehidupan. Banyak dari kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, mengurus diri dan keluarga, dan mengubah kebiasaan tentang makanan.

Masa pandemi memberikan waktu tersendiri bagi kita untuk merefleksikan diri pada kebiasaan mengkonsumsi makanan, dan pentingnya kualitas, keamanan dan keberlanjutan atas makanan."

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Chef Degan juga mengatakan bahwa sangatlah relevan untuk mendiskusikan kualitas bahan makanan Uni Eropa di saat ini.

Lalu saling membagikan bagaimana kita semua dapat menikmati bahan-bahan dari Eropa dan menjadi kreatif dengannya, baik untuk melengkapi masakan favorit kita, dinikmati sendiri secara langsung, atau sebagai bagian dari resep ala Eropa maupun lokal.

Uni Eropa akan menghadirkan produk makanan dan minuman terbaiknya untuk komunitas makanan Indonesia.

Mulai dari importir, penyalur, pengecer, pemilik dan pelaku usaha hotel, restoran dan cafe, blogger kuliner dan juga para chef untuk dapat menikmati keunggulan cita rasa pada rangkaian kampanye yang akan berlangsung pada masa 12 bulan ini.

Baca Juga: Resep Membuat Spageti Saus Sosis Keju, Sarapan Ala Eropa Di Rumah