Ingin Dapatkan Tubuh Sehat dan Ideal? Imbangi Olahraga dengan Konsumsi Daging Merah

By Nana Triana, Sabtu, 11 Desember 2021 | 13:55 WIB
Daging merah (Tribun Travel - Tribunnews.com)

SajianSedap.com – Banyak orang mendambakan tubuh yang ideal dan sehat. Latihan yang rutin untuk membentuk massa otot dan menjaga kebugaran pun dilakukan oleh semua kalangan. Namun, memperoleh body goals dengan otot yang terbentuk dan kencang tidaklah mudah.  

Selain rutin berolahraga, upaya tersebut harus diimbangi dengan konsumsi makanan berprotein tinggi. Sebab, protein merupakan salah satu bahan makanan yang dapat meningkatkan massa otot. Protein juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh, mulai dari sumber energi hingga mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Oleh sebab itu, penting memastikan memenuhi kebutuhan protein harian dengan baik. Mengonsumsi makanan tinggi protein, baik dari sumber nabati maupun hewani, bisa menjadi cara memenuhinya.

Pakar nutrisi Emilia Achmadi mengatakan, mengonsumsi makanan tinggi protein nabati atau hewani sangat penting agar kesehatan tubuh tetap terjaga. 

"Makanlah aneka ragam makanan pokok, tidak dianjurkan mengeliminasi satupun jenis grup makanan," jelas Emilia saat menjadi narasumber dalam acara MLA Beef Talk “Experience The Goodness of Australian Beef” di Bacco Lotte Shopping Avenue, Jumat (10/12/21).

Baca Juga: 'Beef Talk' MLA Bahas Tentang Pentingnya Makan Daging Merah, Kaya Protein untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Otot

Salah satu sumber protein hewani adalah daging merah, baik daging sapi maupun domba, yang dapat membantu meningkatkan massa otot. Daging sapi merah penuh dengan vitamin B12, seng dan zat besi, yang kesemuanya penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot.

Emilia menyarankan untuk memilih daging merah yang rendah lemak dan berkualitas rendah kalori dan tinggi kandungan protein, zat besi, hingga zinc  alias seng.

Acara Beef Talk by True Aussie Beef - Meat and Lifestock Australia (MLA) di Bacco, Lotte Shopping Avenue, Jumat (10/12/2021)

"Daging merah mengandung zinc yang krusial dalam membentuk imunitas," kata Emilia.

Kandungan zat besi yang terdapat pada daging merah juga sangat mampu membantu kinerja jantung. Semakin tinggi kandungan zat besi, asupan oksigen ke otot jantung juga semakin lancar, sehingga kinerja jantung semakin optimal.

Daging merah juga mengandung kreatin alami yang bisa menjadi sumber energi untuk pergerakan otot dan pertumbuhannya. Kreatin sendiri adalah zat kimia alami yang terkandung di dalam tubuh yang kebanyakan disimpan di dalam otot.