Gak Cukup Cuma Pakai Telur! Ternyata Ini Rahasia Telur Dadar Keriting Ala Warteg, 1 Bahan Ini Bikin Telur Jadi Besar dan Mengembang Seketika

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 22 Januari 2022 | 09:25 WIB
Telur dadar warteg (Cookpad/dapurarin2020)

SajianSedap.com - Siapa yang ketagihan dengan telur dadar ala warteg ?Beda dengan telur dadar di restoran padang, telur dadar di warteg tidak tebal dan padat.Telur dadar di warteg malah lebih ke arah mengembang dan keriting.Enaknya tentu saja sama sama enak dan punya penggemar masing-masing.Tapi, bikin telur dadar ala warteg ini jauh lebih mudah, lo.Modalnya cuma telur dan minyak yang banyak.1. Gunakan Paling Sedikit 3 Butir TelurUntuk membuat telur dadar ala warteg ini, kita harus menggunakan telur yang cukup banyak. Tenang, nantinya telur juga akan mengembang dan cukup dibagi untuk sekeluarga.

Baca Juga: Terbongkar Rahasia Pedagang, Begini Cara Bikin Siomay Dimsum yang Kenyal dan Bikin Nagih, 1 Bahan Ini yang Harus Ditambahkan

Paling sedikit, gunakan 3 butir telur, ya.2. Tambahkan Bahan LainSupaya makin enak, jangan lupa tambahkan potongan daun bawang, bawang merah dan cabai rawit. Telur dadar seperti ini sering disebut telur dadar gobal gabul. Campuran bahna sederhana ini nyatanya bisa menaikan cita rasa telur dadar jadi lebih spesial, lo. 3. Jangan Pernah Tambahkan TepungAda yang berpikir untuk membuat telur dadar mengembang ini perlu ditambahkan tepung. Nyatanya, hal tersebut salah besar, lo. Makin ditambahkan tepung, telur dadar malah jadi sulit mengembang. 

Baca Juga: Saking Kinclongnya, Kompor Gas di Rumah Akhirnya Bisa Bersih Lagi, Modalnya Cuma Pakai 2 Bahan Dapur Ini Saja!

Pasalnya, tepung membuat telur dadar jadi berat dan sulit naik.4. Gunakan Banyak Minyak dan Wajan CekungUntuk membuat telur dadar mengembang minyak yang banyak adalah kucinya. Ya, minyak memang harus sangat banyak sehingga telur dadar langsung terangsang untuk mengembang begitu terkena minyak. Minyak yang banyak ini juga bisa membuat pinggiran telur dadar jadi keriting sehingga rasanya kriuk banget. Jangan lupa, pastikan menggunakan wajan cekung dan bukan yang datar, ya. Kalau datar, minyak jadi menyebar dan hasilnya telur dadar tak bisa mengembang.5. Tuang dari AtasNah, saat menuang telur juga penting.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Ketemu Juga Caranya Bikin Bihun Goreng Mirip Abang-abang, Hasilnya Gak Bakal Menggumpal di Wajan, Pakai 2 Trik Ini saat Dimasak

Tuang dengan posisi agak jauh atau agak tinggi dari wajan seperti kita membuat kremesan. Teknik ini akan membuat telur dadar mengembang dan keriting pinggirannya. Cobain, deh, pasti berhasil!Telur di Dalam Kulkas VS Telur di Luar KulkasDilansir dari beberapa sumber, Kamis (27/5/2021), SajianSedap melansir dari Kompas.com sudah membuat penjelasan mengenai menyimpan telur di dalam kulkas dan anjuran untuk tidak menyimpan telur di dalam pintu kulkas.Berdasarkan sebuah penelitian, lingkungan yang dingin merangsang profilerasi yang cepat untuk bakteri.Artinya, bakteri akan dengan cepat berkembang pesat saat berada di tempat dingin, khususnya bakteri salmonella.Sebuah percobaan pun dilakukan terhadap telur yang disimpan di dalam kulkas dan telur yang disimpan di atas meja sesuai dengan suhu ruangan alias di luar kulkas.Hasil percobaan memperlihatkan bahwa telur yang diletakkan di dalam suhu ruangan memiliki bakteri lebih sedikit daripada telur yang disimpan di dalam kulkas.

Baca Juga: Tak Sengaja Lihat Tetangga Sering Masukkan Kulit Pisang ke Minyak Goreng sebelum Memasak, Setelah Coba Sendiri Efeknya Sungguh Diluar Dugaan, Nyesel Gak Tahu dari Dulu

Dikhawatirkan telur di dalam kulkas yang memiliki bakteri lebih banyak akan semakin berkembang biak sehingga menodai makanan lainnya di dalam kulkas.Sementara itu, ada pendapat berbeda dari peneliti di University of Bristol, yakni Rosamund Baird dan Janet Corry.Keduanya mengatakan bahwa menyimpan telur yang terkontaminasi pada suhu ruangan memungkinkan bakteri berkembang lebih banyak.Sementara itu, telur yang disimpan di kulkas dengan suhu dingin akan mencegah bakteri hidup dan berkembang biak.Meski ada perbedaan pendapat penelitian, hal terpenting adalah harus selalu menjaga kebersihan telur.Sebab, kamu tidak pernah tahu dari mana telur yang dibeli itu berasal dan bagaimana penanganannya.Namun, jika telur langsung dimasukkan ke kulkas tanpa dibersihkan lebih dulu, bakteri pada telur akan berkembang biak dan mencemari makanan lain yang ada di kulkas.