Oh! Pantes Daging Bandeng Gak Hancur saat Dipresto, Ternyata Sebelum Direbus Dioles Dulu Pakai Bahan Ini, Ibu-ibu Bisa Bikin Sendiri!

By Idam Rosyda, Jumat, 28 Januari 2022 | 05:40 WIB
Bandeng Presto (iStockphoto)

SajianSedap.com - Bandeng adalah salah satu olahan khas Semarang yang kerap diburu saat melancong ke Ibukota Jawa Tengah tersebut.

Bandeng presto sendiri memiliki rasa gurih dan asin.

Selain itu, karena tulangnya empuk, semua bagian bandeng presto bisa dimakan.

Tidak heran oleh-oleh ini kerap dibulu oleh para wisatawan.

Namun jika Anda ingin membuat bandeng presto sendiri di rumah, ternyata ada triknya juga lho.

Ya rupanya, saat membuat bandang presto ini ada salah satu trik yang tidak banyak orang tahu.

Sebelum direbus dalam presto rupanya ada bahan tambahan yang wajib dioleskan pada ikan.

Hasilnya akan membuat daging tidak hancur meski direbus lama.

Lalu bagaimana tips memasak bandeng presto agar dagingnya tidak

hancur?

Baca Juga: Kebongkar Juga Rahasia Rumah Makan Padang! Cara Lenyapkan Bau Prengus Kikil Ternyata Kuncinya Direbus dengan Rempah Ini, Gak Bakal Bau Lagi

Tips Mengolah Ikan Bandeng Presto Agar Dagingnya Tidak HancurIkan bandeng presto punya banyak penggemar karena tekstur daging dan durinya sangat lunak.Namun sayangnya, mengolah ikan bandeng dengan cara presto kerap membuat daging ikan bandeng hancur.Ya, walaupun ikan bandeng merupakan ikan yang keras dan liat, dagingnya tetap bisa hancur ketika diolah dengan cara presto.Karena presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi, maka  suhu di dalam panci juga akan lebih tinggi.Oleh sebab itu, jangankan durinya, daging ikan bandeng yang keras dan liat pun rawan hancur.Nah, agar terhindar dari masalah tersebut, Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini.1. Lumuri ikan dengan ragi sebelum dipresto.