Dibongkar Resto Chinese Terkenal, Ternyata Begini Cara Hilangkan Bau Lumpur pada Ikan Bandeng untuk Sajian Imlek! Gampang Banget Triknya

By Virny Apriliyanty, Jumat, 28 Januari 2022 | 10:10 WIB
3 Cara Supaya Pindang Bandeng Tidak Mudah Hancur dan Bumbunya Meresap (ABBO)

SajianSedap.com – Jelang Imlek, sajian ikan bandeng memang langsung jadi favorit semua orang.Soalnya, ikan bandeng dipercaya bisa membawa keberuntungan untuk keluarga.Tapi yang jadi masalah adalah aroma ikan bandeng yang seringkali mengganggu.Ya, karena termasuk ikan air tawar, ikan bandeng seringkali berbau lumpur, lo.Hal ini tentu saja membuat sajian jadi kurang enak.Tapi tenang dulu, ternyata ada cara mudah menghilangkan aroma lumpurnya, lo.Cara Memilih Ikan BandengPertama perlu diketahui dulu, tidak semua ikan bandeng berbau lumpur.Ikan bandeng yang berbau lumpur biasanya diambil dari tambak.

Baca Juga: Bisa Seenak Buatan Warteg, Begini Cara Bikin Kuah Kari yang Kental dan Lezat, Tambahan 1 Bahan Ini Jadi Rahasianya

Sedangkan, bandeng yang dipelihara di keranda lebih jarang berbau lumpur.Karena itu, kita harus pintar-pintar mencari penjual bandeng langganan yang tidak berbau lumpur.Kalau dari awal ikan bandeng sudah tidak berbau lumpur, memasak tentu jadi lebih mudah.Kalau Ternyata Ikan Bandeng Berbau LumpurLalu, bagaimana kalau ikan bandeng ternyata berbau lumpur?Dibuang tentu sayang, dimakan juga tak enak.Pada prinsipnya, kalau ikan bandeng sudah berbau lumpur, aroma lumpurnya sulit dihilangkan.Tapi, kita bisa menutupi atau meminimalisirnya dengan cara di bawah ini.1. Diamkan di Air Biasa Selama Minimal Semalaman

Baca Juga: Oh! Pantes Daging Bandeng Gak Hancur saat Dipresto, Ternyata Sebelum Direbus Dioles Dulu Pakai Bahan Ini, Ibu-ibu Bisa Bikin Sendiri!

Cara pertama ini biasa digunakan untuk mengurangi bau lumpur pada ikan gurame.Caranya, ikan bandeng yang masih hidup dipelihara dulu dalam air biasa.Jadinya, bau lumpurnya akan berkurang.Pemeliharaan bisa dilakukan selama minimal sehari.Tapi sayang, tak seperti ikan gurame, ikan bandeng jarang dijual dalam keadaan hidup.Jadi, cara ini tak selalu bisa digunakan.2. Ditutupi dengan RempahKala memasak ikan bandeng, pastikan menggunakan rempah dalam jumlah banyak.Setelah dicuci, kucuri dulu ikan bandeng dengan jeruk lemon atau jeruk nipis lalu diamkan selama 15 menit.

Baca Juga: Dilarang Mertua Beli Bawang Merah Bertunas, Ternyata Alasannya Wajib Diketahui Ibu-ibu Se-Indonesia, Jangan Salah Beli Lagi!

Nah, ketika dimasak, manfaatkan aneka rempah aromatik.Misalnya kala dimasak pindang, perbanyak penggunaan bawang, daun salam, serai, jahe dan lengkuas.Niscaya, pindang jadi makin enak dan bau lumpur pada ikan bandeng bisa ditutupi.