Obati Rematik Bisa Semudah ini, Kakek ini Cuma Rebus Lengkuas 5 Menit Lalu Minum Airnya Hangat-hangat, Jadi Bebas Biaya ke Dokter!

By Ulfa, Minggu, 30 Januari 2022 | 09:25 WIB
Manfaat teh lengkuas atau air rebusan lengkuas (healthbenefitstimes.com)

SajianSedap.com - Seiring bertambahnya usia, ada saja penyakit yang menyerang tubuh.

Salah satunya yang sering dirasakan banya orang adalah rematik.

Kalau sudah kambuh, rematik bisa menganggu semua aktivitas yang sedang kita lakukan.

Diketahui rematik sendiri adalah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang dewasa hingga lansia.

Gangguan kesehatan berupa radang sendi kronis ini dapat menyerang hampir semua sendi pada tubuh, nih.

Mulai dari sendi di pergelangan tangan, buku-buku jari, lutut, hingga pergelangan kaki.

Tentu saja memiliki gangguan kesehatan seperti rematik ini sangat mengganggu dan bisa membatasi gerak serta aktivitas kita sehari-hari.

Maka dari itu, kita wajib tahu cara mengatasi penyakit rematik dengan mudah dan cepat, nih!

Salah satunya adalah dengan minum air rebusan lengkuas.

Baca Juga: Pantas Setelah Nikah Mertua Suruh Buat Air Rebusan Lengkuas, Gak Disangka Efeknya Diluar Ekspektasi, Mulai Hari Ini Harus Coba

 

Ya, air rebusan lengkuas ternyata bisa jadi obat ampuh untuk atasi rematik, loh!

Cara membuatnya pun mudah banget!

Daripada penasaran, yuk simak cara mengatasi rematik dengan air rebusan lengkuas berikut ini.

Obat Rematik dengan Bahan Alami

Manfaat air rebusan lengkuas yang tak banyak diketahui orang
Melansir Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia yang diterbitkan Balai Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Balitbangkes Kemenkes pada 2011, yang dikutip dari Sajian Sedap, bagian dari tanaman lengkuas yang digunakan adalah rimpangnya.

Cara membuat air rebusan lengkuas ini juga gampang banget, kok!Pertama, memarkan lengkuas dan rebus di air mendidih selama kurang lebih 20-30 menit.Setelah direbus, tambahkan madu dan jeruk nipis, kemudian minum selagi hangat.

Baca Juga: Kebongkar Juga Rahasia Rumah Makan Padang! Cara Lenyapkan Bau Prengus Kikil Ternyata Kuncinya Direbus dengan Rempah Ini, Gak Bakal Bau Lagi

 

Diketahui rimpang pada lengkuas mengandung senyawa kimia di antaranya kamfer, sineol, asam metal sinarmat, minyak terbang, eugenol, seskuiterpen, metil sinamat, galangan, dam masih banyak lagi.Kandungan tersebut jelas ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan di antaranya:

1.  Mengobati rematik

Untuk orang lanjut usia, air rebusan lengkuas ini sangat berguna daripada beli obat mahal.Thomas A. N. S juga menjelaskan bila lengkuas memiliki khasiat untuk mengobati reumatik.Cara membuat ramuan obat tersebut, yakni:Cara 1- 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari diparut dan diperas untuk diambil airnya.- Kemudian, telur ayam kampung mentah dipecah untuk diambil kuningnya.

Artikel berlanjut setelah video berikut.

Baca Juga: Yang Punya Masalah Nyeri Sendi Pasti Senang, Cuma Rebus Lengkuas 20 Menit Lalu Minum Airnya Hangat-Hangat, Jangan Kaget Bebas Biaya ke Dokter