Kisah P yang Meninggal Karena Kanker Lidah, Sang Istri Ngaku Nyesel Tak Larang Suami Konsumsi Makanan yang Jadi Penyebabnya Ini

By Virny Apriliyanty, Jumat, 25 Maret 2022 | 12:10 WIB
Andrie K Farid (Tribunnews.com)

SajianSedap.com - Masih ingatkah Anda dengan kisah Alm. Andrie K Farid yang sempat viral pada tahun 2017 lalu ?

Andrie diketahui meninggal dunia karena kanker lidah.

Meski jarang terjadi, tapi kanker lidah juga cepat banget membunuh seperti kanker lainnya.Bahkan, Andrie meninggal dalam kurun waktu 1 tahun saja usai divonis menderita kanker mematikan ini.

Kisah Andrie ini pun viral setelah sang istri, Rezy Selvia Dewi menceritakan perjuangannya di facebook.

Rezy mengaku menyesal karena tak melarang suami konsumsi makanan yang jadi penyebab kanker lidah ini.

Andrie K Farid Meninggal Karena Kanker LidahMelalui akun Facebook Rezy Selvia Dewi, menceritakan kisah memilukan tentang suaminya yang terkena kanker lidah, Andrie K Farid.Rezy Selvia Dewi menceritakan tentang kronologis suaminya menderita kanker hingga meninggal.

Baca Juga: Enjoying F&B in a Serene Park: Urban Farm at PIK 2 Returns With More Foods, More Fun Activities

Perempuan satu anak ini juga mengaku menyesal saat tak pernah melarang suaminya merokok, begadang, dan makan.Menurutnya, ketiga hal ini menjadi penyebab penyakit membahayakan yang dideritanya.Kanker lidah yang dialami Andrie K Farid ini hanya butuh waktu 1 tahun untuk untuk merenggut nyawanya.Cerita Rezy Selvia Dewi ini bisa menjadi pelajaran penting.Kamu perlu tahu penyebab utama yang membuat kanker lidah mudah terjadi.Melansir alodokter.com, berikut empat penyebab kanker lidah:1. Rokok TembakauRokok tembakau menjadi penyebab kanker lidah sekitar 80 persen.Bentuk rokok tembakau ini beragam.

Baca Juga: Mudanya Suka Makan Kedelai Rebus, Kakek Ini Tak Pernah Rasakan Penyakit Mematikan Ini, yang Gak Nyoba Bakal Rugi

Nggak hanya perokok aktif yang bisa terkena.Bagi perokok pasif juga beresiko terkena kanker lidah.2. AlkoholAlkohol juga penyebab utama dari kanker lidah.Apalagi kalau minum sambil merokok, makin mudah deh terkenal alkohol.3. HPVPenyebab kanker lidah dari Human papillomavirus atau HPV ini sebenarnya jarang terjadi.Namun, HPV ini bisa menyebabkan pertumbuhan jaringan abnormal di dalam mulut.Penularan HPV ini sangat mudah yaitu dengan bersentuhan langsung dengan kulit penderita.

Baca Juga: Pantas Mertua Gak Pernah Sakit, Ternyata Sering Minum Teh Pahit Dicampur Bahan Ini, Nyesel Kalau Gak Nyoba

Hubungan seksual juga bisa memudahkan penyebaran virus HPV.4. Mulut yang Nggak HigienisMulut kurang higienis juga bisa menyebabkan kanker lidah.Kurangnya kebersihan dalam mulut membuat mudah sariawan.Luka sariawan inilah yang yang bisa memicu kanker.Apalagi nggak sembuh-sembuh.Menurut Departemen Kesehatan Indonesia, kurangnya kebersihan mulut beresiko 2,3 kali lebih tinggi untuk menderita kanker bagian mulut.