Enggak Perlu Diaduk Terus! Kalau Tahu Trik Sederhana Ini, Santan Untuk Masakan Lebaran Gak Akan Pecah! Nyesel Banget Baru Tahu Sekarang

By Virny Apriliyanty, Minggu, 1 Mei 2022 | 11:25 WIB
Masak Santan dan Opor Ayam ()

SajianSedap.com - Kesulitan utama masak menu bersantan adalah santan jadi gampang pecah.

Karenanya, masakan bersantan harus banget diaduk terus selama memasak.

Kalau tidak diaduk, santan bisa pecah dan rasanya jadi berkurang.

Tampilannya pun langsung tak bikin nafsu.

Karena itu, ada trik sederhana supaya masakan santan gak akan pecah.

Gampang banget diconteknya.

1. Harus Tahu Kapan Harus DimasukkanPenyebab utama santan pecah adalah kita salah memasukan santan. Jadi, pada awal proses pemasakan, sebaiknya masukan santan encer terlebih dulu.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

Ketika masakan sudah 3/4 matang, kita baru bisa masukan santan kentalnya. Kalau santan kental dimasukkan terakhir, kemungkinan santan pecah jadi lebih sedikit.Hal ini berlaku untuk sajian seperti opor, sayur godog, soto santan dan menu berkuah lainnya. Kalau masakan seperti rendang, santan kental boleh langsung dimasukkan karena rendang akan dimasak lama sampai mengering. 2. Aduk TerusKalau santan encer sudah masuk, masakan bisa kita aduk sesekali saja. Masakan boleh ditinggal, tapi tetap harus diaduk tiap minimal semenit sekali, ya. Tapi, kalau sudah masuk santan kental, pengadukan tidak boleh berhenti. Nah, hal inilah yang sering membuat santan kental pecah saat dimasak.

Baca Juga: Pantas Mertua Gak Kolesterol Walau Makan Santan Selama Puasa, Rahasianya Cuma Makan Timun Tiap Selesai Makan! Efeknya Lebih Ampuh dari Obat

Soalnya, ketika masuk santan kental, masakan ditinggal dan tidak diaduk. Akibatnya tentu saja santan jadi pecah.  3. Api Sedang SajaMasak masakan bersantan, apapun itu tidak boleh menggunakan api besar. Soalnya, santan yang terlalu mendidih akan jadi pecah.Apalagi jika santannya sampai bergejolak hebat saat mendidih.Karena itu, masak menu bersantan dengan api kecil saja.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.