Bukan Kenyang Malah Masuk RS! Orang dengan 3 Kondisi Ini Dilarang Makan Santan Lebaran Besok, Bahayanya Bisa Bikin Nyawa Melayang

By Virny Apriliyanty, Minggu, 1 Mei 2022 | 14:10 WIB
Kesalahan yang bikin santan mudah pecah (Kolase Sajian Sedap dan Pixabay)

SajianSedap.com - Lebaran besok waktunya makan makanan serba bersantan.Siapa yang sudah tak sabar lagi mengonsumsi sayur godog, rendang sampai opor ayam?Tapi, tahukah kamu kalau makanan bersantan khas Lebaran ini tenryata bisa sangat berbahaya bagi sebagian orang?Ya, orang dengan 3 kondisi ini dilarang keras makan santan saat Lebaran besok.Efeknya bisa bikin rumah sakit penuh.Apa Anda termasuk salah satunya ?1. Penderita KolesterolBanyak orang Indonesia mengolah santan dengan aneka makanan berlemak.Sebut saja misalnya jerohan sampai aneka daging tinggi kolesterol.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

Misalnya saja gulai udang sampai gulai jerohan hingga tongseng.Nah, santan termasuk bahan makanan sumber lemak.Namun, santan sebenarnya termasuk lemak yang baik.Terkait rumor konsumsi santan bisa memicu kolesterol tinggi, hal itu sebenarnya akibat dari pengolahan bersama bahan makanan lain yang tinggi kolesterol.Misalnya saja udang.Penjelasan itu juga berlaku pada anggapan santan bisa bikin gemuk.Karenanya, sebaiknya jangan memilih gulai tunjang sebagai menu di rumah.Karena itu, orang yang berisiko tinggi kolesterol dan penyakit kardiovaskular harus menahan diri dan tidak mengonsumsi banyak santan.Kandungan lemak yang tinggi bisa membuat kita berisiko lebih besar mengalami masalah jantung termasuk stroke.

Baca Juga: Pantas Mertua Gak Kolesterol Walau Makan Santan Selama Puasa, Rahasianya Cuma Makan Timun Tiap Selesai Makan! Efeknya Lebih Ampuh dari Obat

2. Penderita MaagDilansir dari Halodoc.com, makanan bersantan merupakan jenis makanan yang perlu dihindari oleh pengidap GERD atau maag.Hal itu karena santan memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.Satu cangkir santan bisa mengandung hingga 40 gram lemak jenuh.Sedangkan pengidap GERD dianjurkan untuk menghindari makanan berlemak.Hal itu karena lemak membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna di dalam lambung.Akibatnya, lambung akan memproduksi asam lambung lebih banyak, sehingga bisa menyebabkan refluks asam.Oleh karena itu, bila kamu mengidap GERD, batasi konsumsi makanan bersantan.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Tanpa Resep Lontong Ayam Pedas Taoco Enak Ini, Makan Saat Lebaran Pasti Jadi Kurang Meriah

3. Penderita Jantung KoronerSelain bisa memperparah gejala penyakit, mengonsumsi santan secara berlebihan juga bisa meningkatkan kadar lemak dan kolesterol di dalam tubuh.Itu artinya, penderita penyakit jantung harus menahan diri dan tidak mengonsumsi banyak santan.Kandungan lemak yang tinggi bisa membuat kita berisiko lebih besar mengalami masalah jantung termasuk stroke.