Untung Tahu Sekarang! Ternyata Ada Cara Supaya Bisa Makan Banyak saat Lebaran tanpa Berat Badan Naik, Gampang Banget Dicontek Semua Orang

By Virny Apriliyanty, Senin, 2 Mei 2022 | 09:25 WIB
Merayakan lebaran dengan ketupat dan berbagai makanan bersantan. (Tribun Medan)

SajianSedap.com - Kemana rencana Anda dan keluarga menghabiskan waktu Lebaran?Biasanya kebanyakan pasti kumpul bersama keluarga untuk sekedar makan dan bercerngkrama.Nah, karena sambil kumpul-kumpul ini biasanya makan bisa jadi tak terkontrol, lo.Bahkan, banyak yang kebablasan karena tergiur makanan Lebaran yang serba enak.Kalau sudah begini, contek dulu tips makan banyak saat Lebaran tanpa bikin berat badan naik berikut ini.Caranya terkesan sepele tapi efeknya besar banget untuk tubuh.Dijamin gak menggendut setelah Lebaran selesai.Yuk, bersama kita simak.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

Tips Makan Banyak Saat LebaranLebaran seringkali jadi waktu melampiaskan nafsu makan yang membuncah.Semua makanan rasanya mau dimakan dan dicicipi.Tak heran, deh, kalau setelah Lebaran, berat badan naik tak terkontrol.Nah, ternyata, sesekali banyak makan di hari Lebaran tidak apa-apa, lo.Tapi, asalkan Anda memperhatikan pilihan menunya.Yuk, langsung saja kita simak caranya.1. Saat memakan makanan berat, pilihlah kuah sup bening yang segar alih-alih masakan bersantan.Pasalnya, makanan bersantan sangat tinggi kalori.

Baca Juga: Resep Shirataki Goreng Simpel, Menu Sarapan Sehat yang Tak Sulit Untuk Dibuat

2. Jika ingin makanan khas lebaran seperti ketupat berkuah santan dengan aneka lauknya, santaplah dengan porsi sedikit.3. Jika ada nasi, santap saja dengan lauk yang ringan seperti sup dengan sedikit sambal goreng.Tidak hanya kenyang, variasi makanan juga tercipta.Anda jadi bisa mencicipi banyak makanan tanpa kenyang duluan.4. Jika masih lapar, alihkan perhatian ke buah-buahan segar.Jika ingin mengemil kue, camili kue berbahan dasar kacang almond.Kandungan vitamin E dan antioksidannya begitu tinggi.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Hati-hati! Ketupat Lebaran Ternyata Bisa jadi Racun Kalau Dikonsumsi Bareng 2 Pelengkap Favorit Ini, Hindari Saat Lebaran Besok

Metabolisme tubuh juga makin lancar.5. Jika membuat kue kering cokelat, gunakanlah dark chocolate dengan antioksidan tinggi.Magnesium di dalamnya juga baik untuk kesehatan otot dan syaraf.6. Saat mengonsumsi ayam, pilih selalu bagian dada.Bagian ini paling tinggi protein namun rendah lemak.Anda kenyang lebih cepat tanpa asupan kalori berlebihan.Bagian daging ayam lainnya yang lebih berlemak seperti paha bisa Anda konsumsi juga asal kurangi karbohidrat.7. Soal minuman, lebih baik Anda menghindari minuman dengan kadar gula yang tinggi.Pilihlah air putih atau soda tawar dingin dengan potongan lemon. Kadar vitami C dan antioksidannya tinggi, lo.

Baca Juga: Tampil Cantik Saat Lebaran di Depan Mata! Cuma Modal Oles Minyak Kelapa dengan Campuran Kunyit ke Wajah, Jangan Kaget Dengan Perubahan yang Terjadi

Apabila kebetulan Anda membuat minuman dingin untuk disajikan, ganti gula atau sirup dengan madu.Gunakan potongan buah yang manis agar kandungan gulanya pas di lidah.Jangan lupa masukkan unsur asam agar segar.Nah, itulah cara “curang” yang bisa Anda ikuti agar bisa kalap makan saat lebaran tanpa rasa bersalah yang berlebihan.Namun, esok harinya Anda harus mendetoks diri dengan makanan yang lebih ringan dan sehat.Yuk, makan lebih sehat agar tubuh senantiasa sehat. (SP)