Hati-hati! Ketupat Lebaran Ternyata Bisa jadi Racun Kalau Dikonsumsi Bareng 2 Pelengkap Favorit Ini, Hindari Saat Lebaran Besok

By Virny Apriliyanty, Minggu, 1 Mei 2022 | 16:10 WIB
ilustrasi cara memasak ketupat janur (Sajian Sedap)

SajianSedap.com - Apa teman ketupat favorit Anda?Banyak orang senang makan ketupat ditemani aneka lauk pendamping memang.Soalnya, ketupat tentu jadi makin enak dan makin sedap.Tapi, tahukah kamu kalau ketupat ternyata bisa jadi bahaya kalau dimakan bareng 2 pelengkap favorit ini?Perpaduan keduanya ternyata bisa jadi malapetaka bagi tubuh.Yuk, cari tahu.1. Sambal Goreng KentangSalah satu lauk favorit teman makan ketupat adalah sambal goreng kentang.Rasanya yang pedas pas menemani ketupat dan sayur godog yang gurih.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

Tapi ternyata, makan ketupat bareng sambal goreng kentang sangat tidak dianjurkan.Soalnya, keduanya merupakan sama-sama sumber karbohidrat. Dilansir Grid.ID dari laman Grid Health, perlu diketahui, selain tinggi akan kadar karbohidrat, nasi dan kentang juga punya indeks glikemik yang tinggi.Diwartakan Mayo Clinic, indeks glikemik (IG/GI) adalah satuan untuk menunjukkan kemampuan dari satu makanan untuk meningkatkan gula darah setelah dikonsumsi.Semakin tinggi suatu GI, tentu saja ini memiliki dampak terhadap kenaikan kadar gula darah.Sumber karbohidrat dengan angka indeks glikemik yang rendah, yaitu di bawah 55 disebut sebagai sumber karbohidrat yang baik.Lantas, berapa nilai indeks glikemik yang dimiliki oleh nasi dan kentang?Ternyata kedua makanan ini punya nilai indeks glikemik yang sangat tinggi, yaitu 73 untuk nasi putih dan 78 untuk kentang.Karena nilai indeks glikemik keduanya yang tinggi, maka sebaiknya tidak mengonsumsi kentang dan nasi secara bersamaan.

Baca Juga: Menyantap Ketupat Saat Lebaran Pasti Lebih Seru Kalau Dengan Resep Kering Kentang Cabai Iris Ini

Pasalnya jika dilakukan bersamaan, apalagi sering, akan meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.Hal ini karena gula darah yang naik dengan cepat.Ketika gula darah naik, pankreas akan memproduksi hormon insulin untuk menurunkan gula darah.Jika hal ini terjadi, tubuh bisa kehilangan respons terhadap insulin, yang menyebabkan meningkatnya risiko diabetes tipe 2 tersebut.Mengonsumsi kentang dan nasi dalam satu piring juga bisa menyebabkan munculnya risiko obesitas, karena gula pada keduanya mengandung banyak kalori.Kalori yang berlebih ini akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak, terlebih kalau kita kurang bergerak, maka lemak tidak akan terbakar.Perlu diingat bahwa mengonsumsi nasi dan kentang secara bersamaan memang sebaiknya dihindari, agar tubuh tidak kelebihan kalori.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Lebaran Tinggal 2 Hari Lagi! Ini Daftar Pekerjaan Dapur yang Sebaiknya Sudah Kita Lakukan di H-2 Lebaran, Nanti Gak Keteteran Saat Hari H

2. Jerohan yang Dicampur SantanSemua tahu kalau jerohan tidak terlalu sehat untuk tubuh. Apalagi jika jerohannya dipadukan dengan santan seperti kala Lebaran tiba, bahayanya jadi dua kali lipat. Ya, ahli Gizi RS Indriati Solo Baru, Rista Yulianti Mataputun, S.Gz, menjelaskan santan termasuk bahan makanan sumber lemak.Namun, santan termasuk lemak yang baik. Terkait rumor konsumsi santan bisa memicu kolesterol tinggi, Rista menyebut, hal itu sebenarnya akibat dari pengolahan bersama bahan makanan lain yang tinggi kolesterol.Misalnya saja, telur, daging, dan terutama jeroan.Penjelasan itu juga berlaku pada anggapan santan bisa bikin gemuk.Karenanya, sebaiknya jangan memilih menu jerohan saat Lebaran tiba.

Baca Juga: Banyak Dijual Pedagang Nakal Jelang Lebaran, Jangan Pernah Beli Ketupat Matang di Pasar Kalau Temukan Ciri Ini, Nyawa Keluarga Taruhannya

Kalau mau gulai, lebih baik pilih gulai dada ayam yang rendah kolesterol. Atau gulai ikan pun bisa jadi pilihan, lo. Pasalnya, semua tahu kalau kolesterol merupakan awal dari semua penyakit berbahaya mulai dari stroke sampai serangan jantung.