Ibu-ibu Tolong Ingatkan Anak Gadisnya! Banyak Artis Digerogoti Kanker Ovarium, Ternyata Makanan Enak Ini Jadi Penyebabnya

By Amelia Pertamasari, Kamis, 9 Juni 2022 | 19:03 WIB
Ilustrasi kanker ovarium. (Kompas)

SajianSedap.com - Kanker ovarium disebut sebagai pembunuh senyap (silent killer) karena meningkatkan risiko kematian bagi perempuan yang mengalaminya.

Berdasarkan data Globocan 2020, tercatat 14.896 kasus baru kanker ovarium dengan angka kematian 9.851 setiap tahunnya di Indonesia.

Hal tersebut membuat kanker ovarium menempati urutan lima teratas dari kanker yang khusus terjadi pada perempuan.

Beberapa artis juga mengidap penyakit ganas ini, seperti Ibu Ainun (Istri Presiden Habibie) yang bahkan merenggut nyawanya, lalu Shahnaz Haque hingga Feby Febiola.

Kanker ovarium sendiri adalah kanker yang muncul di jaringan ovarium atau indung telur.

Penyebab dari kanker ovarium adalah perubahan genetik atau mutasi pada sel-sel yang berada di ovarium atau indung telur, yaitu dua organ yang berada di sisi kanan dan kiri rahim.

Namun, penyebab terjadinya mutasi itu sendiri masih belum diketahui dengan pasti.

Cara mencegah kanker ovarium adalah dengan menjalani gaya hidup sehat, salah satunya adalah dengan mengatur pola makan.

Dan berikut ini ada beberapa olahan makanan dan minuman harus dihindari sebab dapat meningkatkan risiko kanker ovarium.

Baca Juga: Belajar dari Sakit Kanker Ovarium yang Sempat Menggerogoti Tubuhnya, Shahnaz Haque Kapok dan Tak Mau Lagi Simpan Makanan di Kulkas Seumur Hidup

Faktor Penyebab Kanker Ovarium

Terdapat penelitian awal menemukan bahwa baik telur dan kopi, serta dua faktor umum dalam diet lainnya, dapat dikaitkan dengan penyakit kanker.