Bosan Makan Nasi? Contek Dan Sajikan Resep Ketoprak, Kudapan Khas Betawi yang Bikin Kenyang

By Dwi, Rabu, 22 Juni 2022 | 12:00 WIB
Merihkan Hari Ulang Tahun Jakarta Dengan Menghadirkan Resep Ketoprak Sebagai Salah Satu Kudapan Khas Betawi yang Lezat (Sajian Sedap)

SajianSedap.com - Resep Ketoprak adalah salah satu kudapan khas Betawi yang mampu bikin perut kenyang karena disajikan dengan isian yang lengkap.

Mulai dari tahu, lontong, taoge dan bihun, hadir dalam Resep Ketoprak, yang merupakan salah satu kudapan khas Betawi dengan rasa yang nikmat.

Yang menjadi ciri khas dari kuliner khas Betawi ini adalah bumbu kacangnya, sehingga Resep Ketoprak ini mampu bikin ketagihan begitu disantap.

Baca Juga: Resep Kue Sumping Ubi, Kue Tradisional Serba Kukus Dengan Aroma yang Begitu Juara

Waktu: 45 Menit

Sajian: 4 Porsi

Bahan:1 buah tahu cina1/2 sendok teh garam3 siung bawang putih, haluskan150 ml air4 buah lontong, potong-potong150 gram taoge, rebus sebentar75 gram bihun, rebus matang1 buah mentimun, iris4 buah telur, ceplok matang2 sendok makan kecap manis, untuk penyajian2 sendok makan bawang merah goreng, untuk taburan100 gram kerupuk kanji, goreng300 ml minyak, untuk menggoreng

Bahan Sambal Kacang:200 gram kacang tanah kulit, goreng4 buah cabai rawit2 siung bawang putih1/2 sendok teh garam1 sendok makan gula merah, sisir halus1/2 sendok makan air asam, dari 1 1/2 sdt asam jawa dan 2 sdm air200 ml air

Cara Membuat Ketoprak:

1. Rendam tahu di dalam larutan garam, bawang putih, dan air. Goreng sampai matang. Tiriska. Potong-potong.

2. Sambal kacang, haluskan kacang tanah, cabai rawit, bawang putih, garam, dan gula merah. Tuang air dan air asam. Aduk rata.

3. Sajikan potongan tahu, lontong, taoge, dan bihun, dengan siraman sambal kacang. Tambahkan kecap manis.