Belajar dari Kiki Fatmala yang Divonis Kanker Paru! Tolong Cek di Jari Tangan Sekarang, Jika Lihat Ciri Ini Bisa Jadi Gejala Tubuh Idap Penyakit Mematikan Ini

By Virny Apriliyanty, Kamis, 30 Juni 2022 | 12:25 WIB
Gejala kanker paru seperti yang dialami Kiki Fatmala ternyata bisa dilihat dari jari tangan dengan ciri ini (instagram/qq_fatmala/tmd dan freepik)

SajianSedap.com - Kiki Fatmala didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium 4 sejak 19 November 2021 lalu.

Kabar ini tentu saja mengaggetkan bagi banyak orang lantaran Kiki sudah lama tak muncul ke publik.

Ia pun diketahui menjalani serangkaian pengobatan demi menyembuhkan penyakitnya ini.

Salah satunya adalah kemoterapi yang disebutnya paling mengguncang mental.

Menurut data Globocan 2018, sekitar 26.069 orang di Indonesia meninggal karena kanker paru setiap tahunnya, dengan 30.023 kasus baru setiap tahunnya.

Angka tersebut tertinggi di Asia Tenggara. Presentase angka kematian kanker paru di Indonesia mencapai 19,3 persen dibandingkan total kematian dari seluruh kanker lainnya.

Kanker paru merupakan penyebab kematian terbanyak dan pertama bagi pria sebanyak 22,8 persen, serta menjadi penyebab kelima kematian pada wanita sebanyak 14,2 persen.

Karena itu, penting mengetahui gejala kanker paru sebelum terlambat.

Nah, salah satu gejalanya bisa dilihat dari jari, lo.

Kiki Fatmala Divonis Kanker Paru

Kiki Fatmala mengisahkan kondisi psikisnya saat mengetahui ia mengidap kanker paru stadium 4 pada November 2021 secara tiba-tiba.

Bintang film Si Manis Jembatan Ancol ini berujar kala itu ia bertanya-tanya mengapa saat sedang dekat Tuhan justru dikasih ujian.