Waspada Freezer Burn, Penyebab Kualitas Daging Berkurang Saat Disimpan di Kulkas

By Yussy Maulia, Selasa, 12 Juli 2022 | 17:31 WIB
Ilustrasi daging yang dibekukan di dalam freezer. (Shutterstock)

SajianSedap – Pernahkah SaseLovers menyimpan daging di kulkas atau freezer selama beberapa waktu, lalu warna permukaan daging berubah menjadi kecokelatan? Jika iya, daging tersebut mengalami freezer burn.

Melansir laman Food Hacksfreezer burn terjadi ketika molekul air pada lapisan terluar daging menguap akibat suhu dingin di dalam freezer.

Akibatnya, permukaan daging kehilangan kelembapan alaminya sehingga lapisan daging yang mengering pun mengalami perubahan warna menjadi kecokelatan.

Meski tidak berbahaya, freezer burn dapat memengaruhi tekstur dan rasa daging. Saat dimasak, bagian daging yang mengalami freezer burn menjadi alot. Tekstur daging yang alot tidak dapat menyerap bumbu dengan baik sehingga rasanya hambar, meski sudah dimarinasi.

Baca Juga: Daging Kurban Gerak-gerak setelah Dipotong, Bukan karena Penyakit PMK, Ternyata Ini Alasannya

SebenarnyaSaseLovers dapat membersihkan bagian daging yang telah mengalami freezer burn sebelum memasakNamun, hal itu akan membuat proses memasak lebih rumit dan lama.

Agar daging tidak mengalami freezer burn, SaseLovers wajib memperhatikan cara menyimpan daging yang tepat. Berikut Sajian Sedap berikan beberapa tipsnya.

  1. Hindari mencuci daging sebelum disimpan di freezer

Sebelum dimasak, daging memang sebaiknya dicuci dengan air mengalir terlebih dahulu. Namun, SaseLovers tidak perlu mencucinya jika daging akan disimpan dalam freezer.

Melansir laman Medical News Today, mencuci daging dengan air mengalir sebelum disimpan juga malah dapat meningkatkan risiko kontaminasi bakteri. Daging yang terkontaminasi bakteri akan lebih mudah mengalami pembusukan meski disimpan dalam freezer.

Baca Juga: Resep Daging Kambing Panggang Oriental Enak, Kreasi Resep Daging Kambing Sedap Ala Restoran

Risiko tersebut tentu tidak berlaku jika daging yang telah dicuci langsung dimasak. Sebab, suhu panas yang dihasilkan saat proses memasak dapat membunuh bakteri pada daging secara otomatis.

  1. Simpan dalam wadah tertutup

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan daging mengalami freezer burn adalah wadah penyimpanan yang kurang rapat.