Rekomendasi Makanan Rendah Gula dan Garam, Cocok untuk Belajar Makan Sehat

By ADV PI, Senin, 26 September 2022 | 17:00 WIB
Overnight chia oats dengan potongan pisang, taburan granola dan Sincere Foods Selai Kacang Almond (DOK. Sincere Foods)

SajianSedap.com – Seiring dengan semakin mudah diperolehnya informasi tentang kesehatan di internet, tren mengonsumsi makanan sehat semakin diminati.

Selain menjadi sumber nutrisi dan energi, mengonsumsi makanan sehat juga memiliki banyak manfaat, termasuk menjaga imunitas tubuh, melancarkan pencernaan, serta menjaga berat badan ideal.

Di tengah gempuran makanan serbainstan dan tinggi gula, membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat menjadi langkah yang diambil banyak orang untuk menjadi lebih sehat. Salah satu contohnya, mengurangi makanan tinggi gula dan garam

Sebagai informasi, batas konsumsi gula orang dewasa per hari menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) adalah 50 gram atau setara empat sendok makan. Sementara asupan garam pada orang dewasa adalah 2.000 miligram (mg) Sodium per hari atau setara satu sendok teh garam.

Baca Juga: Cantik Alami Tanpa Skincare, Hempas Flek Hitam di Wajah dengan Memakai Telur, Begini Cara Meraciknya

Apabila konsumsi gula harian melebihi anjuran yang disarankan, laman WebMd menyebut, seseorang akan rentan mengalami perubahan mood, mengalami penuaan dini, serta memicu pertumbuhan jerawat.

Kelebihan garam juga bisa memicu rasa haus berkepanjangan, perut buncit, hingga penyakit darah tinggi dan  jantung.

Namun, tak perlu sedih. Dilansir dari berbagai sumber, asupan makanan manis dan asin nyatanya bisa digantikan dengan memadukan berbagai produk olahan dengan sayur dan buah-buahan. Berikut rekomendasi makanan rendah garam dan gula, beserta alternatif menu yang bisa dicoba.

  1. Konsumsi overnight oatmeal

Overnight oatmeal merupakan salah satu makanan yang identik dengan makanan sehat. Dilansir dari Medical News Today, makanan ini dibuat dari oats yang direndam air atau susu dan direndam semalaman hingga lunak.

Sebelum disajikan, biasanya Sase Lover bisa menambahkan topping yogurt, kacang panggang, biji-bijian hingga buah-buahan.

Selain praktis, oatmeal juga bermanfaat untuk kesehatan karena tinggi serat serta kaya akan vitamin E, magnesium, kalium, serta fosfor yang baik untuk kekuatan tulang.

Jika sedang ingin mengonsumsi makanan manis, oatmeal bisa dikombinasikan dengan granola atau potongan buah seperti pisang, atau kurma.