Sering Disamakan, Ini Beda Nyeri Dada Karena Asam Lambung dan Serangan Jantung

By Amelia Pertamasari, Senin, 10 Oktober 2022 | 13:40 WIB
Beda nyeri dada karena asam lambung dan serangan jantung agar tak salah lagi. ()

SajianSedap.com - Beda nyeri dada karena asam lambung dan serangan jantung perlu diketahui oleh siapa saja.

Sebab selama ini gejala ini sering disamakan, maka penting mengetahui beda nyeri dada karena asam lambung dan serangan jantung.

Sebab serangan jantung adalah kondisi yang berbahaya, maka siapapun patut waspada dan tahu beda nyeri dada karena asam lambung dan serangan jantung.

Beda Nyeri Dada Karena Asam Lambung dan Serangan Jantung

Meski sekilas terlihat dan terasa mirip, sebenarnya terdapat perbedaan antara nyeri dada akibat serangan jantung dan nyeri dada karena gejala asam lambung.

Gejala nyeri dada adalah salah satu alasan paling umum seseorang pergi ke Unit Gawat Darurat.

Pasalnya, ini memang merupakan salah satu ciri serangan jantung yang harus ditangani sesegera mungkin.

Namun, dari seluruh jumlah pasien dengan keluhan sakit dada yang masuk ke UGD, beberapa di antaranya sebenarnya mengalami heartburn.

Memang, agak sulit membedakan rasa sakit yang disebabkan oleh serangan jantung dengan heartburn. Ini yang sering membuat para penderita asam lambung tinggi merasa panik saat merasa heartburn.

Lantas, apa perbedaan nyeri dada akibat serangan jantung dengan nyeri dada akibat asam lambung?

Menjawab persoalan itu, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital Makassar, dr Bambang Budiono SpJP, FIHA, FAPSIC, FSCAI, berkata bahwa benar nyeri dada bisa menjadi indikasi adanya sakit asam lambung dan serangan jantung.

Heartburn, angina dan serangan jantung bisa terasa sangat mirip. Bahkan, dokter yang berpengalaman pun tidak selalu dapat membedakannya hanya dari riwayat kesehatan Anda dan pemeriksaan fisik.

Baca Juga: Amit-amit Masih Muda Kena Penyakit Jantung, Kalau Mau Sehat Sepanjang Usia, Coba Rajin Makan Sayur Ini, Gak Bakal Nyesel