Cara Mendapatkan Pengobatan Sirosis Hati Gratis dengan BPJS Sampai Sembuh, Jangan Sampai Tidak Tahu

By Amelia Pertamasari, Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:25 WIB
Cara mendapatkan pengobatan sirosis hati gratis dengan BPJS. ()

SajianSedap.com - Cara mendapatkan pengobatan sirosis hati gratis dengan BPJS Kesehatan harus diketahui oleh siapa saja.

Karena penyakit ini rentan dialami siapa saja karena berbagai faktor risiko, penting untuk mengetahui cara mendapatkan pengobatan sirosis hati gratis dengan BPJS.

Jadi simak berikut ini cara mendapatkan pengobatan sirosis hati gratis dengan BPJS Kesehatan agar dapat langsung dilayani.

Cara Mendapatkan Pengobatan Sirosis Hati Gratis dengan BPJS

Sirosis hepatis atau sirosis hati adalah kondisi ketika organ hati telah dipenuhi dengan jaringan parut dan tidak bisa berfungsi dengan normal.

Jaringan parut ini terbentuk akibat penyakit liver yang berkepanjangan, misalnya karena infeksi virus hepatitis atau kecanduan alkohol.

Bila terjadi selama bertahun-tahun, sirosis bisa menyebabkan gagal hati. Karena hati adalah organ yang sangat vital bagi tubuh, gagal hati akan sangat berbahaya bagi seseorang, bahkan dapat menyebabkan kematian. 

Namun, jika penyebabnya diobati, perkembangan sirosis dapat dihentikan atau diperlambat.

Dilansir dari Tribunnews, sirosis hati termasuk penyakit katastropik yang biaya perawatan dan pengobatannya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Melalui program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan, penderita penyakit sirosis hati bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat peserta terdaftar, meliputi puskesmas, klinik pratama, atau dokter praktik perorangan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

Apabila menurut dokter perlu langkah berikutnya, akan dirujuk ke faskes rujukan tingkat lanjutan (rumah sakit).

Bentuk perawatan penyakit sirosis hati yang dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan termasuk pemeriksaan awal dan lanjutan, biaya obat, biaya rumah sakit jika rawat inap, hingga kontrol rutin.

Baca Juga: Banyak Menyerang Anak-anak, Begini Cara Mendapatkan Pengobatan Gagal Ginjal Gratis dengan BPJS