Belajar dari Bokap yang Divonis Paru-paru Bocor sampai Kini Hidup dengan 1 Paru, Ramuan 3 Bahan Dapur Ini Ternyat Bisa Bersihkan Paru-paru Secara Alami

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 19 November 2022 | 16:10 WIB
Bokap hidup hanya dengan 1 paru-paru ()

SajianSedap.com - Bopak Castello ternyata sempat mengalami masalah kesehatan pada tahun 2019 lalu.

Komedian tanah air ini divonis dokter menderita kebocoran paru-paru.

Akibat hal ini, Bopak sampai dilarikan ke rumah sakit, lo.

Ia pun sampai harus menjalani operasi dan kini hanya hidup dengan 1 paru-paru.

Nah, melihat gaya hidup di masa kini yang kurang sehat, ternyata menjaga kesehatan paru-paru memang penting banget dilakukan.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman yang bisa membersihkan paru-paru.

Minuman itu ternyata bisa diracik dari 3 bahan dapur di rumah ini, lo.Bopak Castello Hidup Dengan 1 Paru-ParuWajah Bopak Castello pastinya selalu kita lihat diberbagai stasiun TV di Indonesia.Selalu giat bekerja, siapa yang menyangka bahwa Bopak hanya hidup dengan satu paru-paru.Hal itu disebabkan paru-paru sebelah kiri milik komedian ini sudah tak dapat berfungs lagi.

Baca Juga: Kiki Fatmala Divonis Kanker Paru-paru Sampai Diprediksi Cuma Bertahan 6 Bulan, Penyakit Mematikan ini Ternyata Bisa Dicek dari Jari Tangan, Begini Ciri-cirinya

Bopak pun menjelaskan kondisinya."Oh sudah enggak bisalah (sembuh). Karena itu (paru-paru) sudah enggak berfungsi lagi, kan sudah bocor.Paru-paru itu kayak serambi kan titik-titik, bocor satu dua, enggak bisa ditambel lagi jadi normal," ujar Bopak.Untuk mengatasi itu, ia pernah mencoba berbagai cara pengobatan, dari medis hingga non-medis."Kita (saya) minum-minum jamu aja itu enak. Sempat kita berobat secara gaib, non-medis, supranatural, ada efeknya, tapi intinya kan semua sugesti," ungkapnya.Karena kondisi yang dialaminya ini, Bopak harus rajin minum ramuan dari bumbu dapur ini setiap harinya.Bopak mengatakan, tak ada obat khusus yang ia konsumsi secara rutin.Namun, Bopak mengaku telah mengonsumsi obat-obatan herbal."Enggak ada (obat khusus), abis. Kemarin ada obatnya untuk membasmi agar tidak kena virus tuberculosis," katanya."Obat alami kayak kita minum daun salam, sereh, itu ternyata bagus, sirsak, madu, itu. Kita lakoni semua. Makanya kita happy aja terus," sambungnya.

Baca Juga: Resep Paru Sapi Sambal Petai Padang, Menu Makan Siang Di Akhir Pekan Dengan Rasa Pedas yang Mantap

Di samping itu, Bopak pun tak segan menyampaikan hikmah yang ia dapatkan atas sakit yang saat ini ia idap."Buat Bopak lebih waspada tentang lingkungan, pola hidup, jadi lebih bijak kita memilih," ujarnya.

Ramuan Untuk Membersihkan Paru-paru