SajianSedap.com - UMKM di Indonesia memang banyak sekali ya.
Apalagi jenis UMKM kuliner, wah dari sabang sampai merauke pasti ada penggiat UMKM kuliner.
Nah, melihat semakin bangkitnya UMKM kuliner di Indonesia, Mondelez Indonesia tak ragu untuk menggaungkan #DukungUMKMKuliner nih.
Mondelez Indonesia dengan produknya seperti OREO, Cadbury, dan keju KRAFT, dengan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tahun ini kembali menghadirkan program #DukungUMKMKuliner dengan mengedepankan tema “Berkelas Karena Kualitas”.
Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pun menyambut dengan girang program #DukungUMKMKuliner.
"Kami menyambut baik hadirnya inisiatif #DukungUMKMKuliner yang secara konsisten dihadirkan Mondelez Indonesia" ucapnya.
Bukan tanpa alasan Sandi mendukung penuh program #DukungUMKMKuliner,.
Sebab UMKM kuliner menyumbang Rp455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif di tahun 2020 loh.
Nah, di balik bangkitnya UMKM kuliner, ternyata membuat masyarakat semakin selektif dengan camilan yang mereka pilih loh.
Sehingga dari perubahan tersebut, membuat tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM kuliner di Indonesia.
Untuk mengahadapi tantangan tersebut, dengan berbaik hati Mondelez Indonesia memberikan pembelajaran pada penggiat UMKM nih.
Selama hampir 3 bulan penyelenggaraannya, inisiatif #DukungUMKMKuliner diikuti lebih dari 700 pelaku UMKM Kuliner dari berbagai wilayah Indonesia.
Acara tersebut terbagi dalam 3 rangkaian besar loh.
Ya, pelatihan yang memberikan berbagai tips kreatif agar bisnis UMKM Kuliner naik kelas, kompetisi bisnis yang terbagi menjadi tiga kategori.
Diantaranya Best Food Menu, Best Packaging Design dan Best Marketing Promotion, serta konferensi pers sekaligus pengumuman pemenang kompetisi.
Dalam program #DukungUMKMKuliner Mondelez Indonesia gak sendirian.
Sebab Mondelez Indonesia menggandeng beragam partner loh.
Ya, program #DukungUMKMKuliner di tahun kedua ini kembali kembali bersinergi dengan berbagai pihak.
Diantaranya dari komunitas Sahabat UMKM, GrabFood, NielsenIQ, Food Vlogger and F&B Business Owner MGDALENAF, serta Najla Bisyir selaku Owner & Founder Bittersweet by Najla.
Melihat perubahan perilaku konsumen, NielsenIQ meminta penggiat UMKM kuliner membuat strategi yang berkualitas.
"UMKM diharapkan jeli melihat peluang dan memahami perilaku konsumen dengan merumuskan strategi berkualitas, diantaranya dengan cara kolaborasi menu menggunakan produk berkualitas, memaksimalkan promosi digital dan layanan online delivery, serta berinovasi sesuai dengan tren yang sedang berkembang" ucap Anindita Septadiani selaku Research Director NielsenIQ.
Harapannya dengan adanya #DukungUMKMKuliner bisa membuat pelaku UMKM naik kelas dan semakin bisa meningkatkan kualitas mereka serta mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia.