Dibuang-buang di Tukang Kelapa, Faktanya Minum Air Kelapa Tua Bisa Jadi Obat Darah Tinggi, Murah dan Ampuhnya Ngalahin Obat

By Virny Apriliyanty, Jumat, 25 November 2022 | 16:10 WIB
Manfaat Minum Air Kelapa Tua untuk Tubuh (nutriplanet.org)

SajianSedap.com - Selama ini, cuma air kelapa muda yang dijadikan minuman sehari-hari. Air kelapa yang tua biasanya malah dibuang di tukang kelapa.Soalnya, rasa air kelapa tua cenderung asam dan bergas.Jadinya, kurang segar kalau dijadikan minuman.Tapi sebenarnya, air kelapa tua ternyata punya kelebihan tersendiri untuk kesehatan, lo.Bahkan, ada 5 penyakit yang bisa sirna dari tubuh kalau kita sering minum air kelapa tua.Penasaran? Langsung simak selengkapnya berikut ini.Manfaat Minum Air Kelapa Tua untuk TubuhAir kelapa tua selama ini hanya dibuang begitu saja.Padahal jika Anda ketahui manfaatnya, pasti Anda menyesal selama ini tidak mengonsumsinya.Air kelapa tua mengandung asam amino dan berbagai mineral, seperti sodium, selenium, fosfor, kalium, dan zinc, dikutip dari Mayo Clinic.

Baca Juga: Jadi Bertanya-tanya Mertua Minum Air Kelapa Tapi Harus Direbus Dulu, Pas Tahu Perubahannya Begini Langsung Ikut Coba Besoknya, TOP Banget!

Hal ini sejalan dengan pernyatan dari dr. Zaidul Akbar yang juga dikenal sebagai salah satu paakr kesehatan herbal sekaligus pendakwah dikutip dari Tribun Jogja."Mineral terbanyak adalah kalium dengan kandungan 730 mg per 100 gram air kelapa muda, yang cukup banyak Magnesium dan klorida, sedangkan natrium jumlahnya sangat sedikit,"Bahkan setiap komposisi yang ada pada air kelapa sangat baik bagi kesehatan."Komposisi minuman dengan rasio kalium (potasium) terhadap natrium yang tinggi sangat menguntungkan bagi kesehatan," papar dr. Zaidul Akbar dikutip dari Tribun Jogja.Dengan berbagai kandungan ini, tidak heran jika air kelapa tua memiliki manfaat yang tidka bisa dianggap remeh.Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini manfaat air kelapa tua untuk tubuh yang selama ini tak banyak diketahui.1. Berpotensi menurunkan gula darahManfaat air kelapa tua untuk tubuh lainnya adalah membantu menurunkan kadar gula darah.Kandungan air kelapa muda terbukti kaya magnesium, kalium, mangan, vitamin C.Gabungan nutrisi ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.2. Meningkatkan kesehatan jantung

Baca Juga: Suntik Botox Mahal, Kalau Mau Kerutan dan Keriput di Wajah Hilang Bisa Pakai Minyak Kelapa, Begini Caranya

Manfaat air kelapa tua untuk tubuh yang pertama adalah meningkatkan kesehatan jantung.Air kelapa tua juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.Peneliti memberikan air kelapa sebanyak 4 ml per 100 gram berat badan hewan uji.Jika dibandingkan pada manusia, maka ini adalah dosis yang sangat tinggi. 3. Mencegah batu ginjal

Minum air kelapa di pagi hari ternyata bisa bikin kulit jadi makin sehat.
Manfaat air kelapa tua untuk tubuh yang kelima adalah mencegah batu ginjalMemastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap hari sangat baik untuk mencegah batu ginjal.  Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk terhindar dari penyakit batu ginjal (kencing batu).4. Menurunkan tekanan darah tinggiManfaat air kelapa tua untuk tubuh yang kedua adalah bisa menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi dengan tepat.

Baca Juga: Suntik Botox Mahal, Kalau Mau Kerutan dan Keriput di Wajah Hilang Bisa Pakai Minyak Kelapa, Begini Caranya

Selain itu, kandungan air kelapa tua yang tinggi kalium dan rendah natrium juga berperan penting dalam menawarkan manfaat satu ini.5. Meningkatkan kesehatan jantungManfaat air kelapa tua untuk tubuh yang keempat adalah membantu mengurangi risiko penyakit jantung.Alasannya karena air kelapa tua disebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi.Hal ini berkat kandungan potasium dan kalium dalam air kelapa tua.Meskipun banyak manfaat kesehatan dari air kelapa tua, tapi jika Anda memiliki kondisi tertentu seperti hamil atau mengidap penyakit kronis, sebaiknya tanyakan pada dokter.Nah bagaimana tertarik unutk mencoba minum air kelapa tua ini?

Menurunkan Darah Tinggi dengan Jus Labu Siam dan Timun

Memang ada banyak cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi yakni dengan minum obat resep dokter, olahraga, menjaga asupan makanan, dan mengonsumsi buah serta sayuran.

Asal tahu saja, ada cukup banyak jenis buah dan sayuran yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi salah satunya labu siam.

Jus labu siam yang dicampur dengan mentimun ternyata cukup efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: BERITA POPULER : Khasiat Minum Air Kelapa yang Diblender Bersama Kunyit Sampai Cara Memutihkan Wajah dengan Beras