Berani Ucap Alhamdulillah, Tebar Kamper di Gudang atau Garasi Rumah Semalaman, Jangan Heran Hewan Menjijikan ini Ogah Masuk Rumah

By Ulfa, Senin, 20 Maret 2023 | 07:25 WIB
Manfaat lain dari kamper yang tak banyak orang tahu (kompas)

SajianSedap.com - Kamper adalah salah satu benda yang sudah tak asing lagi bagi banyak orang Indonesia.

Manfaat kamper ini biasanya digunakan untuk mengharumkan kamar mandi, ataupun membuat pakaian kita di lemari jadi tak bau apek.

Kamper atau kapur barus ini pun bisa kita beli dengan murah meriah di pasaran.

Diketahui bahwa kapur barus atau kamper sendiri adalah zat padat berupa lilin berwarna putih dan agak transparan dengan aroma yang khas dan kuat.

Zat ini adalah terpenoid dengan formula kimia C10H16O.

Zat ini ditemukan dalam kayu tanaman jenis pohon laurel kamper (Cinnamomum camphora), pohon besar yang ditemukan di Asia, terutama di Sumatra, Kalimantan dan Taiwan, juga pohon Dryobalanops aromatica, pohon besar yang tumbuh di hutan Kalimantan.

Nah, selain kegunaannya di atas, ternyata ada manfaat lain dari kamper yang tak banyak orang tahu, loh!

8 Manfaat Lain dari Kamper

Dilansir dari Wartakotalive, berikut ini ada delapan manfaat lainnya dari kamper yang bisa kita gunakan untuk berbagai hal, di antaranya:

1. Membunuh serangga di tanaman pot

Untuk membasmi serangga di pot tanaman, masukkan tanaman ke dalam kantong plastik bening, seperti kantong pembersih, tambahkan beberapa butir kapur barus, dan segel selama seminggu.

Saat kamu mengeluarkan tanaman dari kantong, tanamanmu akan bebas dari serangga.

Ini juga akan menjauhkan ngengat untuk sementara waktu.

Baca Juga: Ucapkan Selamat Tinggal Pada Kamper, Kamar Mandi Bisa Wangi dari Pagi Sampai Malam Pakai 1 Bahan Dapur ini, Coba Mulai Malam ini