Nikmatnya Saus Salad Buah Mayumi, Salad Buah untuk Berbuka Puasa Semakin Segar dan Bernutrisi

By Raka, Kamis, 13 April 2023 | 15:50 WIB
Nikmatnya Saus Salad Buah Mayumi, Salad Buah untuk Berbuka Puasa Semakin Segar dan Bernutrisi (Ajinomoto)

SajianSedap.com - Idealnya, berbuka puasa diawali dengan minum segelas air putih atau teh manis hangat, dilanjutkan dengan menyantap yang manis-manis.

Gunanya rasa manis pada minuman atau makanan ringan yang disantap sebagai takjil ini dapat menggantikan energi yang hilang selama kita berpuasa.

Pakar gizi sekaligus dosen dari Universitas Esa Unggu, Nazhif Gifari, S.Gz, M.Si,menjelaskan, penting sekali bagi kita untuk selalu memerhatikan pola hidup sehat dan asupan gizi yang seimbang agar tetap fit di bulan Ramadan.

Walaupun dalam kondisi sedang berpuasa, menurut Nazhif, cara paling mudah untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit adalah dengan memilih pola makan yang baik, makan makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang, rutin berolahraga, serta menurunkan tingkat stres.

“Makanan bergizi lengkap tentunya juga harus lezat rasanya, supaya nafsu makan kita bertambah. Nah, salah satu yang bisa membuat nafsu makan kita bertambah saat berbuka puasa maupun bersantap sahur adalah menu makanan yang menyegarkan, seperti buah-buahan,” papar Nazhif.

Buah memiliki kandungan zat gizi mikro, terdiri dari vitamin dan mineral yang cukup banyak di dalamnya.

“Pemenuhan zat gizi mikro ini sangat dibutuhkan tubuh, terlebih ketika tubuh dalam kondisi berpuasa.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalam buah jugaberperan untuk menjaga imunitas tubuh, menurunkan risiko PTM (Penyakit Tidak Menular, sepetti stroke, jantung koroner, hipertensi, diabetes, dan lainnya), serta kandungan airnya yang bisa membantu metabolisme tubuh, khususnya selama menjalani puasa,” imbuh Nazhif.

SAUS SALAD BUAH SEGAR

Namun sayangnya, berdasarkan data Riskesdas Kementerian Kesehatan RI tahun 2018, sebanyak 95,5% orang Indonesia masih termasuk ke dalam kategori sedikit dalam mengonsumsi buah dan sayur.

Sementara itu, berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI melalui program Isi Piringku, setiap kali makan di dalam satu piring harus mengandung nutrisi seimbang, yang meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

Dengan data dan alasan inilah PT Ajinomoto Indonesia turut berkontriburi dalam kampanye kesehatan mengenai gizi seimbang yang digaungkan Pemerintah Indonesia melalui peluncuran sekaligus memperkenalkan produk terbarunya, yakni Mayumi® Saus Salad Buah pada Rabu (12/4) lalu di Jakarta, bertepatan dengan momen Ramadan.

Baca Juga: Penggemar Daging Pasti Senang, AJINOMOTO Hadirkan NIKUPLUS Supaya Daging Makin Nikmat