Ibu-ibu Masih Saja Salah, Setelah Beli Pisang Jangan Langsung Asal Taruh di Meja, Lakukan 1 Hal Ini Supaya Tahan Lama dan Tak Mudah Busuk

By Amelia Pertamasari, Jumat, 14 Juli 2023 | 14:10 WIB
Tips menyimpan buah pisang agar tetap segar dan tidak mudah busuk lebih lama. (Freepik)

SajianSedap.com Buah pisang adalah makanan yang kaya gizi dan menyehatkan untuk tubuh secara keseluruhan berkat nutrisi pentingnya.

Manfaatnya yang populer dapat mengontrol berat badan karena tingginya serat yang dikandung pisang.

Namun ini tak hanya bermanfaat bagi pejuang diet, mengonsumsi buah pisang secara rutin juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Ini bermanfaat sebagai sumber energi, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh, hingga mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Sehingga wajar banyak orang menyediakan buah pisang untuk dikonsumsi sehari-hari.

Sayangnya tak banyak orang tahu cara penyimpanan buah pisang sebagai stok di rumah agar tidak mudah busuk.

Pisang busuk biasanya akan ditandai warna kulit buah yang menghitam dan tekstur pisang akan mudah lembek.

Lalu bagaimana cara menyimpan pisang yang tepat agar bisa awet dan segar tahan lama? Simak berikut ini.

Cara Menyimpan Pisang agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Busuk

Supaya pisang yang baru dibeli tetap segar selama seminggu, simpanlah pisang di tempat yang jauh dari buah yang mengandung etilen.

Etilen merupakan gas yang dikeluarkan oleh beberapa jenis buah sehingga mempercepat proses pematangan. Gas etilen biasanya ada pada buah alpukat, apel, dan persik.

Selain itu kamu bisa menggantung pisang supaya mencegah kulit pisang menjadi memar karena bersentuhan dengan benda lain. Kulit pisang yang memar akan lebih cepat berubah warna menjadi coklat.

Pisang yang sudah terpisah dari batangnya memang mengalami proses pematangan lebih cepat, namun hal itu bisa dicegah dengan beberapa cara berikut: