Awalnya Disuruh Mertua Rendam Spons Cuci Piring dalam Air Garam Semalaman, Siapa Sangka Keesokan Pagi Serumah Heboh pada Saat Masuk Dapur, Kenapa ya?

By Amelia Pertamasari, Senin, 24 Juli 2023 | 14:10 WIB
Cara membersihkan spons cuci piring kotor. (Unsplash)

SajianSedap.com - Sponge atau spons cuci piring merupakan salah satu alat yang wajib ada di dapur.

Alat ini digunakan untuk mencuci peralatan masak dan makan dari sisa makanan, kotoran, dan bahkan bakteri yang mungkin ada.

Spons cuci piring bekerja dengan menyerap air dan mengeluarkan busa dari pembersih yang efektif untuk membersihkan sisa makanan.

Sementara peralatan yang dibersihkan menjadi bersih dan kinclong, spons cuci piring akan mengumpulkan kotoran yang berpindah dari peralatan yang dibersihkan.

Kotoran ini bukan tidak mungkin bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan kuman, yang bisa saja menjadi penyebar penyakit.

Tentu Anda tidak mau bukan menjadi sakit hanya karena spons cuci piring yang Anda gunakan untuk mencuci peralatan Anda?

Tak hanya itu, spons cuci piring yang kotor juga bisa menjadi bau yang tentu mengganggu kenyamanan.

Untuk itu, cobalah rutin membersihkan spons cuci piring Anda. Caranya pun tidaklah sulit, hanya menggunakan garam seperti berikut ini.

Cara Membersihkan Spons Cuci Piring

Untuk membersihkan spons cuci piring, Anda bisa menggunakan garam meja. Garam meja bersifat higroskopis, yang berarti menarik kelembapan dari atmosfer, dan juga menjadi alasan garam meja dapat menjadi lembap dan menyumbat wadah garam dalam cuaca lembap.

Menurut sebuah artikel di House Digest, garam juga dapat menarik kelembapan dari spons cuci piring, mengurangi kelembapan yang dibutuhkan bakteri untuk berkembang, dan, pada gilirannya, mencegah pertumbuhan jamur, serta bau busuk yang ditimbulkan oleh spons dapur seiring waktu.

Di samping itu, garam dapat membuat spons cuci piring lebih efisien, menyerap minyak, dan membuatnya lebih mudah mengatasi noda. Berikut cara membersihkan spons cuci piring pakai garam dan cuka.

Baca Juga: Tolong Kasih Tahu Istri, Kalau Habis Cuci Piring, Jangan Simpan Sponsnya di Bak Cucian Kalau Tak Mau Malapetaka ini Terjadi