Di Indonesia Banyak Tumbuh di Pinggir Jalan, Buah Ini Jadi Rebutan Orang Luar Negeri dengan Harga Ratusan Ribu karena Khasiatnya, Kok Bisa?

By Amelia Pertamasari, Senin, 14 Agustus 2023 | 15:40 WIB
Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan. (Kompasiana)

SajianSedap.com - Anda sepertinya sudah familiar dengan buah bernama ciplukan ini bukan?

Tanaman ciplukan dapat dengan mudah ditemukan di tempat-tempat seperti persawahan, pinggir sungai atau semak-semak.

Buah ini berbentuk bulat, berwarna kuning oranye dan terdapat kulit tips menyerupai kelopak di luarnya dengan rasa manis dan agak mirip tomat yang nikmat.

Di negara lain, ciplukan disebut golden berry, inca berry, peruvian groundcherry, poha berry, goldenberry, husk cherry atau cape gooseberry.

Dahulu, buah ciplukan dianggap tidak berharga, bahkan kerap dianggap sebagai tanaman liar yang mengganggu.

Namun demikian, kini buah ciplukan sudah naik kelas. Karena ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, saat ini harga buah ciplukan sangat tinggi.

Bahkan di luar negeri, harga 1 kilo buah ciplukan mencapai ratusan ribu karena banyaknya dicari.

Contohnya, di situs jual-beli online internasional, Amazon, 3 pak buah ciplukan segar seberat 3 ons dijual dengan harga 28,87 dollar AS atau sekitar Rp 418.000. Harga satu onsnya mencapai 1,8 dollar AS atau sekitar Rp 26.085.

Sementara, di platform jual beli online Alibaba, setengah kilogram ciplukan dihargai 9 dollar AS atau sekitar Rp 130.000.

Buah yang dijual itu diproduksi atau berasal dari Vietnam, Adapun di Trade India, satu bungkus ciplukan dihargai 2.000 rupee atau sekitar Rp 388.000.

Lantas apa manfaatnya?

Baca Juga: Padahal Tumbuh di Pekarangan Tapi Gak Tahu, Buah Mengkudu Ternyata Diam-diam Ampuh Hilangkan Tanda-tanda Penuaan Wajah Ini, Ajaib Banget