Cara Membedakan Minyak Goreng Curah Asli dan Daur Ulang, Langsung Kelihatan Mata dari 3 Hal Ini

By Amelia Pertamasari, Sabtu, 26 Agustus 2023 | 15:40 WIB
Cara membedakan minyak goreng curah asli dan daur ulang. (Tribunnews)

SajianSedap.com - Minyak goreng adalah kebutuhan utama dalam banyak proses memasak. Ini digunakan dalam berbagai cara di dapur untuk menghasilkan makanan yang lezat, paling banyak untuk menggoreng bahan makanan.

Di pasaran ada berbagai merk minyak goreng yang ditawarkan oleh produsen, namun jenisnya terbagi 2 yakni minyak goreng kemasan dan curah.

Minyak curah adalah produk turunan dari minyak sawit yang tidak murni dan sudah melewati tahap pemurnian (refining), pemutihan (bleaching), serta penghilangan bau (deodorizing).

Karena hanya mengalami satu kali proses penyaringan, kualitas minyak curah tidak sebaik minyak goreng premium. Kualitas yang lebih rendah itu membuat minyak curah akan lebih cepat teroksidasi dan menjadi bau tengik.

Biasanya, minyak curah dijual ke konsumen dengan kondisi tidak dikemas dan tidak memiliki label atau merek. Selain itu, kemasan yang digunakan juga seadanya, yaitu menggunakan botol atau kantong dan tidak terjamin tingkat kebersihannya.

Meski begitu, minyak curah menjadi andalan karena harganya yang murah dan terjangkau oleh beberapa kalangan.

Tapi bagi Anda yang gemar membeli minyak goreng curah penting untuk selalu memperhatikan keaslian minyak curah Anda agar tak mendapat hasil yang daur ulang.

Berikut ini ada cara membedakan minyak goreng asli dan daur ulang yang harus Anda ketahui.

Cara Membedakan Minyak Goreng Asli dan Daur Ulang

Peneliti dan dosen program studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Vella memaparkan cara membedakan minyak goreng asli dan palsu.

Menurutnya, minyak goreng adalah bahan pangan dengan komposisi utama berupa trigliserida yang berasal dari bahan nabati dan telah melalui proses pemurnian.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk mendeteksi keaslian minyak goreng, yakni melalui uji organoleptik atau pengujian dengan menggunakan indra manusia.

Baca Juga: Tak Perlu Dibakar, Begini Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Cuma Dites dengan Ibu Jari, Gampang Banget!