Ada yang Bentuknya Kaya Celengan! Ini 3 Menu Andalan Hutan Kota by Plataran yang Jadi Tempat Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN 2023

By Raka, Senin, 4 September 2023 | 15:10 WIB
Ayam Celengan, salah satu menu andalan Hutan Kota GBK (IG Plataran Senayan)

SajianSedap.com - KTT ASEAN ke-43 digelar di Jakarta pada 2-7 September 2023.

Tak cuma hasil dari pertemuan para petinggi negara se Asia Tenggara ini yang dinanti, tapi juga jamuan makan.

Hutan Kota by Plataran yang ada di tengah komplek GBK, Jakarta terpilih sebagai tempat untuk jamuan tersebut.

Melansir Indonesia.go.id, Indonesia akan menjamu para kepala negara dan tamu-tamu VVIP atau gala dinner yang akan digelar di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (5/9/2023) malam.

Hal itu dibenarkan oleh Yozua Makes dari Plataran Group selaku pihak yang diminta oleh Kementerian Sekretaris Negara melalui Pusat Pengelolaan Komplek GBK (PPKGBK) untuk ikut membantu pengelolaan kawasan hijau seluas 4,5 hektare tersebut.

"Iya benar, kami sudah diberitahu oleh pemerintah sejak beberapa bulan lalu Hutan Kota GBK dijadikan tempat santap malam kenegaraan para tamu VVIP dan delegasi yang ikut serta dalam KTT ke-43 ASEAN 2023. Presiden Joko Widodo sendiri yang memutuskan lokasinya dan kami hanya diminta menyiapkan tempat dan fasilitas penunjang lainnya seperti dapur, ruang makan utama serta beberapa tempat lain dari Hutan Kota GBK ini untuk pengisi acara gala dinner," ujar Yozua.

Pendiri Plataran Group tersebut dan seluruh staf tidak mengetahui detail acara karena sepenuhnya menjadi ranah penyelenggara KTT ke-43 ASEAN 2023.

"Itu bukan menjadi domain kami. Harapan kami bisa memberikan yang terbaik bagi para tamu VVIP dan seluruh peserta gala dinner. Ini bentuk partisipasi kami sebagai bangsa Indonesia dalam membantu kelancaran jalannya KTT ke-43 ASEAN 2023," katanya.

Mengutip pernyataan Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam acara diskusi daring Kementerian Komunikasi dan Informatika, Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9), Jumat (25/8/2023) disebutkan bahwa Hutan Kota GBK menjadi satu dari dua lokasi di luar arena Jakarta Convention Center yang dipakai untuk kegiatan utama KTT ke-43 ASEAN 2023.

Lokasi lainnya adalah Taman Mini Indonesia Indah untuk acara Spouse Program.

Terpilihnya Hutan Kota bukanlah tanpa alasan tapi karena menu unggulan dari restoran fine dining ini juga sangat istimewa.

Baca Juga: HEBOH Jadi Fotografer Dadakan di Acara KTT G20 Bali, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Ternyata Punya Kekayaan Segini, Gak Mewah?