Perdana Menteri Malaysia Meresmikan Pameran Halal Terbesar di Dunia, Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) 2023

By Dwi, Rabu, 13 September 2023 | 13:40 WIB
Peresmian Acara MIHAS 2023 Di Acara Pembukaan GHaS 2023 di MITEC Kuala Lumpur, Malaysia Oleh Perdana Menteri Malaysia (Dwi Prabudi)

SajianSedap.com - Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Anwar Ibrahim mengumumkan Malaysia International Halal Showcase (MIHAS 2023) terbesar yang pernah ada sekaligus meresmikan acara ini pada upacara pembukaan Global Halal Summit (GHaS) 2023 yang berlangsung di Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC).

MIHAS 2023 ini merupakan acara ke 19 kali yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi, Perdagangan dan Industri (MITI) Malaysia dan diselenggarakan oleh Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE).

Acara ini berlangsung selama 4 hari, mulai dari tanggal 12 hingga 15 September 2023 dan diadakan di Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC).

Acara juga akan menampilkan hampir 1.900 tenant yang diwakilkan oleh 44 negara dan diperkirakan akan menampung 35.000 pengunjung.

"Hal ini tidak hanya membuat MIHAS sebagai acara yang terbesar, melainkan menjadi acara Halal terbesar di dunia.

MIHAS telah menjadi pendorong dalam industri Halal dunia, dan telah menghasilkan penjualan sebanyak 21,66 Miliar selama 18 kali MIHAS berlangsung.

Maka dari itu, tidak perlu heran lagi kalau pengunjung MIHAS terus bertambah setiap tahunnya" ungkap Datuk Sri Reezal Merican Naina Merican, Ketua Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE).

Ia juga menambahkan "MIHAS Keberhasilan MIHAS 2023 menunjukkan potensi besar dan peluang pertumbuhan di pasar Halal.

Kami memberikan peluang bagi dunia usaha untuk memanfaatkan peningkatan pasar Halal yang diperkirakan akan tumbuh hingga hampir USD3,5 triliun pada tahun 2030. Hal ini juga merupakan peluang bagi perusahaan-perusahaan Malaysia untuk bergabung hingga belajar dari para pemimpin industri, sehingga hal ini merupakan hal yang wajib untuk dihadiri. Acara bagi siapa pun yang bergerak di bidang ekonomi Halal. Dan untuk MIHAS yang ke 19 ini, MATRADE optimis dapat mencapai target penjualan sebesar RM 2,5 M."

"Sekarang kita membicarakan Halal tidak dalam umat Islam saja. Selain Halal dari segi hal apa saja yang tidak dianggap Haram, kita juga harus memperhatikan Halal seperti dari segi kebersihan, tahap penggunakan elemen kimia di dalamnya, atau apapun membawa ke arah yang lebih organik.

Sekarang kita percaya MIHAS akan jadi platform yang terkenal, karena kita mendirikan MIHAS ini menjadi peluang untuk memajukan dunia Halal yang sebenarnya," ungkap Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Anwar bin Ibrahim pada acara peresmian MIHAS.

Baca Juga: Cara Membuat Sertifikat Halal MUI untuk Usaha Rumahan, Ternyata Alurnya Mudah