SajianSedap.com - Selain mencuri perhatian dunia dari segi penjualannya, di hari ke dua acara Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) ini ada salah satu acara yang paling ditunggu.
Acara tersebut adalah Knowledge Hub, dalam acara ini, kita bisa berinteraksi dengan para pakar industry, mempelajari bagaimana cara perdagangan dari para pemimpin pasar.
Platform ini bertujuan untuk memberikan perspektif mengenai tantangan dan peluang dalam industry halal global.
Di acara ini juga dihadiri mulai dari pemimpin perusahaan lokal, eksportir dari Malaysia hingga Premium Buyer dari pasar-pasar utama seperti Hongkong, Indonesia, Thailand, Australia, Inggris, Perancis dan juga Turki.
Datuk Mohd Mustafa Abdul Aziz, selaku Chief Executive Officer MATRADE mengumumkan “Tahun ini, kita kembali menggemakan keberhasilan dari Knowledge Hub yang merupakan program penting yang diadakan bersamaan dengan acara MIHAS 2023.
Dalam sesi MIHAS Knowledge Hub “Meet The Experts” ini membahas tentang peluang pengadaan suatu produk serta persyaratan Premium Buyer bagi perusashaan Malaysia untuk bergabung dengan pasar utama.
Sebagai salah satu dari 25 negara dagang terbesar di dunia, Malaysia sangat bergantung pada perdagangan International.
Kisah sukses yang akan dibagikan oleh para finalis dalam usahanya memasuki pasar Internasional bisa menginspirasi lebih banyak eksportir Malaysia khususnya UMKM yang masih berorientasi dalam negeri dengan sumber daya dan kemampuan yang terbatas.”
Sesi ini juga akan menampilkan para eksportir Malaysia yang telah berhasil melakukan perjalanan di pasar-pasar tersebut untuk berbagi wawasan dan kisah sukses perjalanan ekspor mereka.
Acara Knowledge Hub ini terbagi dari 4 sesi, sesi pertama yaitu: Meet The Experts: Hong Kong SAR, yang diikuti oleh negara Hong Kong dan Malaysia, lalu sesi kedua yaitu: Jom Eksport: Indonesia yang menghadirkan finalis dari Indonesia dan juga Malaysia.
Kemudian sesi 3: Meet The Experts: Thailand & Australia dengan finalis dari Thailand, Australia dan juga Malaysia dan yang terakhir, sesi 4 adalah: Meet The Experts: France, Inggris dan Turki.
Pada sesi 2, Mr Marco selaku General Manager (International Business) dari salah satu PT di Indonesia mengucapkan: "Saya rasa brand harus tahu brand itu tentang apa, kemudian sejarah dari brand itu sendiri.
Kemudian bagaimana mereka akan memproses brand mereka di banyak negara, itu langkah pertama, langkah kedua adalah bagi sebuah brand yang sangat tertarik dengan negara yang dituju sekarang harus mulai memahami tentang negera itu.
Contohnya di Indonesia, ada 80 juta jiwa, itu adalah jumlah orang yang banyak, sehingga tentu saja memiliki daya beli yang luar biasa.
Saya pikir, anda perlu memahami apa pesaing anda di pasar Indonesia, dan berapa harganya, dan bagaimana cara kalian bersaing dengan mereka dan bagaimana cara kalian bergabung dengan mereka.
Jika anda memiliki ide tentang yang satu ini, maka anda dapat memulai mendekati distributor yang berbeda." ketika ditanya apa yang dibutuhkan eksporter untuk ekspor suatu produk ke Indonesia.
Malaysia Official Designer Association (MODA)
Tidak hanya acara Knowledge Hub saja, di sini ada juga acara yang menarik seperti Malaysia Official Designers Association (MODA).
Fashion sederhana tidak lagi melayani pasar khusus berskala kecil seperti dulu namun mulai memasuki pasar yang lebih banyak diminati.
Hal ini tentunya karena didorong oleh konsumen muda yang lebih memilih pakaian yang mencerminkan nilai, gaya dan estetika mereka namun tetap sopan.
Pengeluaran umat Islam untuk fashion diperkirakan mencapai USD 313 miliar pada tahun ini dan diperkirakan tumbuh 6 persen per tahun menjadi USD 375 miliar pada tahun 2025.
“Menyadari pentingnya sektor fashion yang sederhana, Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) memperkenalkan klaster Modest Fashion and Lifestyle di MIHAS 2017.
Baca Juga: Malaysia Intenational Halal Showcase (MIHAS) 2023 Sukses Diikuti Lebih dari 40 Negara
Malaysia International Islamic Lifestyle Exhibition (MILE) yang perdana, diselenggarakan secara paralel dengan MIHAS untuk mempromosikan gaya hidup sektor Islami.
MILE didirikan untuk mempromosikan fashion sederhana, pendidikan & sastra Islam, seni Islam, perhiasan dan ornamen serta pengembangan sosial & komunitas.
Pada MIHAS 2019, klaster Modest Fashion berfungsi sebagai platform untuk menyoroti peluang-peluang dalam industri ini bagi para pelaku fesyen sederhana lokal dan regional.
Kami bangga menyelenggarakan MODA @ MIHAS 2023 dengan tema MODA Sustainable Thread Affair (MOSTA): Perpaduan Fashion dan Nilai-nilai untuk memupuk keberagaman, kreativitas, inklusivitas, dan keberlanjutan dalam industri fashion." ucap Puan Sharimahton Mat Saleh, Deputy CEO (EXPORT ACCELERATION) of MATRADE pada 13 September 2023.
Ia juga menambahkan: "Kami senang menerima partisipasi yang menggembirakan dari 13 anggota MODA dalam Program Pengadaan Internasional (INSP) MATRADE tahun ini dan bertemu dengan 36 pembeli dari luar negeri yang tertarik untuk mencari antara lain Pakaian Wanita, Pria & Anak-anak, Pakaian Bayi, kosmetik, Syal dan selendang.
Desainer MODA juga terlibat dalam pameran MIHAS dan booth mereka berada tepat di luar aula ini, menampilkan koleksi Fashion Ramah Muslim, aksesoris, kosmetik dan produk gaya hidup. Pagi ini, MODA telah menyelenggarakan Forum Mode bertajuk “Fashion for Good: Praktik Etnis yang Baik dan Keberlanjutan dalam Industri Mode” yang mempertemukan para ahli dari Pusat Bisnis Mode Berkelanjutan Malaysia, Earth Heir (BCorp), FERN dan Kloth Malaysia.
Perancang busana Malaysia didorong untuk terus mengembangkan kapasitas mereka dalam menciptakan produk dan layanan berbasis teknologi inovatif yang bernilai tinggi dan sesuai dengan ESG.
Baca Juga: Resep Mie Telur Keju, Ide Sarapan Sederhana Tapi Kreatif yang Rasanya Enggak Kaleng-kaleng!
Hal ini sejalan dengan konsep MADANI Malaysia yang menekankan pada inovasi, inklusivitas, dan keberlanjutan.
Dalam melestarikan budaya dan tradisi dalam fashion, industri busana harus menerapkan praktik-praktik yang beretika dan berkelanjutan sebagai nilai jual uniknya.
Fashion yang mengedepankan budaya dan tradisi lokal dengan tetap berpegang pada prinsip etika mampu menarik pembeli yang mencari keaslian, orisinalitas yang kemudian berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara."
Tidak heran kalau MIHAS ini menjadi sebuah acara kebanggaan orang Malaysia yang sase lovers!
Ada banyak hal menarik yang bisa temukan dalam acara bergengsi yang berlangsung hingga 15 September 2023 di Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC), Kuala Lumpur, Malaysia ini.