Tales Of Cocoa, Rangkaian Acara Di Jakarta Dessert Week 2023 yang Mengulas Cokelat Di Indonesia

By Dwi, Jumat, 20 Oktober 2023 | 13:25 WIB
Tales Of Cocoa yang Merupakan Rangkaian Acara Dari Jakarta Dessert Week 2023 (Sajian Sedap)

SajianSedap.com - Sebagai Negara dengan sumber daya alam yang berlimpah, Indonesia tentunya memiliki aneka kekayaan bumi yang istimewa, Salah satunya adalah cokelat.

Pada acara Jakarta Dessert Week yang berada di La Moda, Plaza Indonesia pada Kamis, 12 Oktober 2023 lalu, Tissa Aunilla (Chocolate Tasting & Sensory) menjelaskan beberapa jenis cokelat dari Indonesia.

Sama seperti kopi, cokelat dari berbagai daerah di Indonesia tentunya memiliki cita rasa yang berbeda.

Tim Sajian Sedap mendapat kesempatan untuk mencicipi aneka olahan cokelat dari berbagai pulau di Indonesia.

Olahan cokelat yang dihadirkan di acara ini berasal dari beberapa daerah di Indonesia seperti Aceh, Tabanan (Bali), dan juga Ransiki (Papua Barat).

Misalnya olahan cokelat yang berasal dari Aceh memiliki cita rasa yang cokelat yang kuat, krimi, dan memiliki aroma rempah.

Berbeda dengan olahan cokelat yang berasal dari Bali, cokelat dari pulau Dewata ini memiliki cita rasa yang krimi, bahkan kita mendapatkan rasa karemel hingga madu!

Dalam sesi ini, Tissa Aunilla menunjukkan hal unik ketika menyantap cokelat, yaitu menyantap cokelat sambil mendengar alunan musik yang berbeda.

Kita mendengarkan 2 alunan musik yang berbeda saat menyantap cokelat yang sama, dan kita mendapatkan rasa yang berbeda pula.

Hal ini menunjukkan bahwa suara dapat yang berbeda dapat mengubah persepsi kita tentang rasa dari cokelat yang kita makan.

Tidak hanya membahas tentang cokelat saja, dalam acara ini ada dessert demo chef Martin Praja.

Baca Juga: Bertahun-tahun Makan Cokelat Baru Tahu, Kertas Perak atau Emas untuk Bungkus Cokelat Ternyata Punya Fungsi Penting ini, Bukan Cuma Hiasan!