Nikmati Sensasi Rasa Lezat Resep Ayam Goreng Bumbu Gulai Saat Makan Siang Di Akhir Pekan

By Dwi, Minggu, 5 November 2023 | 09:00 WIB
Kalau Resep Ayam Goreng Bumbu Gulai Ini Sudah Hadir Di Meja Makan, Keluarga Pasti Tak Sabar Untuk Makan Siang (Sajian Sedap)

SajianSedap.com - Makan siang di akhir pekan pasti jadi lebih istimewa kalau kita hadirkan Resep Ayam Goreng Bumbu Gulai ini sebagai menu utamanya.

Hadir dengan aroma dan rasa yang bisa bikin perut keroncongan, menu simple ini bikin nafsu makan jadi bertambah 2 kali lipat.

Untuk membuktikan kenikmatannya, hadirkan saja menu praktis serba ayam yang paling digemari ini sebagai menu utama makan siang nanti.

Waktu: 45 Menit

Sajian: 12 Porsi

Bahan:1 ekor ayam, potong 12 bagian1.250 ml santan dari 1/2 butir kelapa6 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya2 cm lengkuas, memarkan2 batang serai, ambil putihnya, memarkan1 buah asam kandis1 lembar daun kunyit, diikat1 sendok makan garam1 sendok teh gula pasir1/2 sendok teh merica bubuk2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:10 buah bawang merah3 siung bawang putih5 buah cabai merah1 cm kunyit1 cm jahe

Cara Membuat Ayam Bumbu Gulai:

1. Lumuri ayam dengan 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, dan 1/2 sendok teh air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Panggang sampai matang.

2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas, dan serai sampai harum.

3. Masukkan ayam. Aduk hingga berubah warna. Tambahkan santan, air asam, daun kunyit, garam, gula dan merica bubuk. Masak sambil diaduk hingga meresap. Angkat ayam.

4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api besar hingga matang.