SajianSedap.com - Risol ajaib sedang naik daun di Jakarta.
Rianda Paramita, sang pemilik usaha, sangat yakin jika kunci kelezatan risoles terletak pada kulitnya dulu sebelum bermain dengan isinya.
Dengan keyakinan itu, ia mencoba merintis usaha risolesnya 3 tahun lalu.
Namun yang pertama kali dicarinya adalah kulit risoles yang lezat, rapat, namun tetap lentur.
“Butuh waktu sampai 3 bulan untuk memperoleh resep kulit yang saya inginkan,” kisahnya.
Nanda, sapaan akrabnya, membuat kulit risoles dengan campuran susu, bukan air.
Itulah rahasia mengapa kulit risolesnya beraroma harum dan sangat lembut.
Kulitnya memiliki tekstur yang tipis, namun tak mudah robek.
Bahkan saat digoreng pun kulitnya tidak pecah.
Padahal isi risolesnya menggunakan bahan yang cukup encer.
Misalnya seperti risoles udang mayo.
Nanda menggunakan satu ekor udang kupas utuh yang panjangnya nyaris sama dengan panjang risol.
Sebelum dibungkus dengan kulitnya, udang diselimuti dengan mayones yang sudah diolah kembali sehingga teksturnya lebih encer dan lezat.
Rasanya sungguh bikin ketagihan.
Inilah salah satu best seller risoles bermerek Ajaib ini.
Selain risoles asin, Nanda juga membuat risoles manis yang isinya terdiri dari irisan apel renyah yang dimasak dengan gula karamel dan cinnamon yang begitu creamy.
Di gerainya, Nanda juga punya menu risoles burger.
Namun isinya menggunakan homemade patty yang dipotong dengan bentuk yang tak biasa.
Bentuknya tidak bundar, melainkan justru dipotong panjang-panjang yang bentuknya mengikuti bagian dalam risoles.
Saat digigit, wow… dagingnya memenuhi seluruh bagian risoles.
Baca Juga: Resep Risol Basah Isi Ayam Panggang, Camilan Mewah yang Cocok Disajikan Saat Hari Libur
Saus mayones yang melapisi bagian dalamnya makin nikmat saat berpadu dengan keju dan bawang bombay.
Sementara olahan lain yang tak kalah modern adalah risoles chicken teriyaki dan lasagna.
Totalnya, Nanda sudah menciptakan 7 jenis filling risoles yang dijual dengan harga Rp 5 ribu - Rp 6 ribu per buah.
Sejak masih sekolah di bangku SMA, Nanda memang gemar memasak.
Ketika menginjak dunia kerja, ia mulai mencoba peruntungannya di bisnis kuliner dengan berjualan risoles pada teman kantor. Ternyata hasilnya cukup menggembirakan.
Beberapa pesanan untuk arisan, meeting dan berbagai keperluan, mulai datang menghampirinya.
Kini gerai risoles ajaib sudah berkembang menjadi 3 outlet di Jakarta.
Nanda menggunakan metode promosi yang khas anak muda yang sedang tren, yakni melalui facebook dan twitter.
Ia juga mengembangkan sayap usahanya melalui pola franchise. Sedikitnya dalam satu hari, Nanda memproduksi hingga 1.500 buah risoles setiap hari.