Mengapa 4 Sehat 5 Sempurna Dianggap TIdak Sesempurna Pedoman ‘Isi Piring Makanku?’ Begini Kata Ahli Nutrisi

By Intan Yusan S, Minggu, 17 Desember 2023 | 10:35 WIB
Ahli nutrisi Rita Ramayulis dan pedoman ()

Sajiansedap.com – Kebiasaan makan masakan rumah merupakan kebiasaan yang sangat baik dan idealnya dapat diterapkan di semua rumah atau keluarga.

Hal ini disampaikan oleh Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, saat ditemui di sebuah acara peluncuran sebuah bumbu kaldu untuk pelengkap memasak para chef di rumah.

Menurut Rita, kebiasaan menyantap masakan yang dibuat di rumah seharusnya bisa menjadi satu keharusan di semua rumah atau keluarga. 

Dengan selalu menyiapkan masakan yang enak di rumah, lanjut Rita, orangtua dapat sekaligus memantau makanan yang dikonsumsi sang buah hati, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

Makanan yang disajikan pun, kata Rita, tentunya harus lebih sehat, bersih, serta kandungan gizinya sudah diperhitungkan.

“Sebagian besar anak Indonesia masih kekurangan asupan gizi mikro fosfor, kalsium, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan asam folat, serta zat gizi makro protein. Dampaknya, akan mengganggu tumbuh kembang mereka,” papar Rita.

Baca Juga: 5 Resep Salad Buah dan Sayur Anti-Repot, Camilan Sehat yang Enak Disantap Kapan Saja

Baca Juga: Percayalah, 5 Sumber Makanan Ini Ampuh Bikin Kulit Makin Glowing dan Tak Perlu Lagi Beli Skincare Mahal

MENYAJIKAN MASAKAN ENAK BUAT SI KECIL

Agar si kecil terhindar dari risiko kekurangan gizi, Rika menganjurkan, para orangtua dapat secara rutin mengolah makanan dari rumah dengan rasa yang sangat enak.

Tujuannya, supaya anak-anak mau selalu makan di rumah.

Salah satunya strategi memasak agar dihasilkan sajian yang enak, menurut Rita, bisa dengan cara meningkatkan cita rasa makanannya sehingga lebih mudah diterima anak-anak.