Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui, ASI Tetap Lancar dan Deras Kalau Makan Makanan ini

By Ulfa, Selasa, 27 Februari 2024 | 09:57 WIB
Berikut ini tips berpuasa untuk ibu yang sedang menyusui (crowdfunder.co.uk/)

SajianSedap.com - Tinggal menghitung hari semua umat muslim di dunia akan menjalani ibadah puasa.

Ya, bulan suci Ramadhan ini tentu saja yang paling ditunggu-tunggu.

Selain momen buka puasa, berpuasa juga jadi ibadah yang menambah pahala dan membuat kita tahan terhadap godaan.

Momen berpuasa ini pun tentu saja tak bisa dilewatkan untuk para ibu yang menyusui.

Memasuki bulan suci Ramadhan seperti sekarang, banyak ibu menyusui yang dilema untuk menjalankan puasa lantaran khawatir akan kondisi bayinya.

Namun, ternyata ibu tetap bisa berpuasa sambil menyusui bayinya, loh.

Nah, berikut ini ada beberapa hal apa saja yang perlu diperhatikan bagi ibu menyusui yang ingin berpuasa agar ASI tetap lancar.

Dampak Berpuasa Bagi Ibu Menyusui

Melansir dari Kompas.com, berkaitan dengan itu, Dokter Umum Konselor Laktasi di RS Pondok Indah – Pondok Indah dr Nabila Rahmania, IBCLC, mengatakan ketika berpuasa tubuh lebih banyak kehilangan cairan karena perubahan pola makan dan tidur.

Selain masalah keamanan, kata dia, ibu menyusui mungkin juga penasaran dengan dampak puasa terhadap produksi ASI serta kesehatan dirinya sendiri maupun pada bayinya.

"Persiapan setiap ibu menyusui untuk berpuasa tentu berbeda, tergantung usia bayi dan beragam kondisi lainnya," terang Nabila dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dia menambahkan, ibu yang menyusui bayi kembar dan ibu yang sedang menyusui secara eksklusif memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih besar, dibandingkan mereka yang menyusui bayi yang sudah dalam masa MPASI.

Baca Juga: Sehatnya Enggak Cuma untuk Busui, Daun Katuk Kalau Rajin Dimasak untuk Keluarga Bisa Bikin Semua Orang Sujud Syukur!