Bukan Obat Sakit Kepala, Diam-diam Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Pemicu Anemia Aplastik

By Raka, Jumat, 19 April 2024 | 18:23 WIB
Bahan dapur yang bisa jadi pemicu anemia aplastik (Twitter dan media.licdn)

SajianSedap.com - Jagat maya dihebohkan soal kabar salah satu merek obat sakit kepala terkenal bisa jadi pemicu anemia aplastik.

Ditambah lagi meninggalnya Komika Babe Cabita di awal april lalu membuat penyakit ini kian diperbincangkan.

Anemia aplastik merupakan salah satu penyakit autoimun langka.

Berbeda dengan anemia yang dikenal masyarakat atau anemia hemolitik dimana kondisi kurang darah yang disebabkan oleh kurangnya zat besi, anemia aplastik adalah kondisi dimana sumsum tulang belakang berhenti memproduksi sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kekurangan sel darah merah bisa membuat seseorang jadi sulit beraktifitas.

Tak cuma itu saja, ada beberapa kondisi pengidap anemia aplastik yang justru jadi sulit sembuh dari luka, mudah lemas dan juga sensitif terhadap suhu ruangan.

Melansir CNN Indonesia, Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Noorman Effendi menegaskan, kandungan propyphenazon dalam obat sakit kepala tersebut aman digunakan sepanjang sesuai indikasi, dosis, dan aturan pakai sebagaimana tertera pada kemasan dan digunakan dalam jangka pendek.

Cara penggunaan obat sakit kepala tersebut juga sudah ada dalam kemasan.

"Jadi memang tidak untuk pengobatan dalam jangka waktu lama," tegas Noorman turut menanggapi ramainya unggahan soal efek samping risiko anemia aplastik.

Tapi Sase lovers juga harus berhati-hati.

Karena ada salah satu bahan dapur yang bisa jadi pemicu autoimun seperti anemia aplastik.

Baca Juga: Belajar dari Babe Cabita Meninggal Dunia Usai Berjuang Melawan Anemia Aplastik, Ternyata Makanan Ini Disarankan untuk Dikonsumsi Pengidapnya