INI DIA KULINER BETAWI YANG MULAI LANGKA

By cakkris, Senin, 16 Februari 2015 | 17:00 WIB
INI DIA KULINER BETAWI YANG MULAI LANGKA (cakkris)

Apa sih yang terlintas di benak Sobat Sase ketika mendengar kuliner betawi? Nasi uduk, ketoprak, soto betawi, ketupat sayur, dan kerak telur? Ya, benar! Tapibanyak lo, warisan kuliner betawi yang mulai langka. Apa saja?

Ketupat Babanci

INI DIA KULINER BETAWI YANG MULAI LANGKA

Menggunakan kepala sapi sebagai bahan utamanya menjadikan ketupat Babanci berbeda dari ketupat biasa. Daging kepala sapi diambil lalu dimasak dengan kuah santan dan aneka rempah. Salah satu rempah yang digunakan adalah temu mangga, dinamakan mangga karena memiliki aroma mirip mangga.

Jangan khawatir jika anda susah menemukan ketupat Babanci lantaran menjadi salah satu kuliner betawi yang mulai langka ini. Anda dapat mencobanya sendiri dengan resep Sayur Babanci

Rujak Pengantin

INI DIA KULINER BETAWI YANG MULAI LANGKA

Dinamakan rujak pengantin bukan tanpa alasan. Tahukah sobat kalau rujak pengantin adalah bawaan wajib bagi pengantin wanita untuk diberikan kepada mertua, tiga hari setelah akad berlangsung? Kuliner khas betawi yang satu ini sekilas terlihat mirip dengan lontong sayur. Yang berbeda adalah isiannya yang menggunakan bunga/ telur tebu (terubuk), potongan kentang, kembang kol, potongann tempe, dan bawang daun. Tak lupa ditambahkan ebi untuk menambah aroma gurih pada sayur.

Link Rujak Pengantin

Roti Gambang

INI DIA KULINER BETAWI YANG MULAI LANGKA