Jenis Lemak Makanan yang Patut Diketahui

By dina, Minggu, 2 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Jenis Lemak Makanan yang Patut Diketahui (dina)

      SajianSedap.com – Agar tubuh semakin sehat, mari cermati berbagai jenis lemak makanan yang masuk ke tubuh kita. Pasalnya, ada lemak yang jahat, namun ada juga lemak yang baik. Apapun itu, ingat untuk mengonsumsinya dalam jumlah secukupnya.

      Inilah berbagai jenis lemak makanan yang patut kita perhatikan.

Lemak Tak Jenuh

      Lemak tak jenuh adalah jenis lemak yang berbentuk cair dalam suhu ruang. Ini adalah jenis lemak yang baik untuk kita konsumsi. Lemak tak jenuh dapat memperbaiki kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

      Lemak ini dapat dibagi menjadi dua kategori.

      Terdapat di minyak nabati tertentu seperti minyak zaitun, minyak kacang, dan minyak kanola. Ia juga dapat ditemukan di buah alpukat, kacang-kacangan seperti kacang almond, hazelnut, dan pecan, serta biji-bijian seperti kuaci labu dan wijen.

    

      Terdapat di minyak nabati tertentu seperti minyak kesumba, minyak bunga matahari, minyak wijen, minyak kedelai, dan minyak jagung. Ia juga ada di dalam seafood.

Lemak tak jenuh ganda dibagi lagi menjadi dua jenis.

      Ia banyak khasiatnya dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler dan banyak ditemukan di ikan laut seperti salmon, sarden, dan makerel. Ia juga terdapat di tiram dan kerang, juga ada di sumber lemak nabati seperti minyak kedelai, minyak kanola, kacang walnut, dan biji flax.

      Asam lemak ini banyak ditemui di minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak kesumba.

Lemak Jenuh