Bedakan Istilah Barbecue dan Grill

By dina, Sabtu, 22 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Bedakan Istilah Barbecue dan Grill (dina)

SajianSedap.com – Mari belajar membedakan istilah barbecue dan grill. Keduanya merupakan istilah yang berbeda jauh.

Jangan sampai tertukar di antara keduanya. Karena salah kaprah, bisa saja kita salah belanja bahan atau salah proses memasak. Hasilnya mungkin tidak sebagus yang kita inginkan.

Menurut Anda, apa arti barbecue? Banyak yang mengatakan istilah proses masak membakar jadi barbecue.

Ada pula yang menganggap barbecue hanya nama bumbu sehingga berpendapat kalau barbecue berarti membakar makanan dengan dioles bumbu tersebut.

Deskripsi-deskripsi tersebut tidak tepat apabila dirujuk ke kegiatan tersebut.

Barbecue merupakan teknik memasak daging dengan menggunakan panas tidak langsung. Panasnya datang berupa asap dari proses pembakaran kayu.

Jadi, bisa dibilang bahwa barbecue merupakan daging yang dimatangkan dengan proses pengasapan. Teknik ini membutuhkan waktu 3-16 jam pematangan bahan bergantung kepada jenis dan besar daging.

Suhunya juga rendah. Biasanya, setelah dimatangkan, daging akan mengalami penyusutan sebesar 50% sehingga rasanya terkonsentrasi di daging tersebut.

Sebaliknya, deskripsi grill merujuk kepada proses pematangan bahan dengan menggunakan panas langsung dengan waktu yang pendek.

Bahan diletakkan di grill atau pemanggang, baik yang berupa pemanggang datar maupun pemanggang arang. Karena panasnya langsung, waktu yang digunakan tidak lama.

Karena proses yang berbeda inilah bahan baku yang digunakan untuk kedua proses juga berbeda. Biasanya, daging yang digunakan untuk proses barbecue merupakan daging yang keras dan berurat.

Proses pemasakan akan membuat urat dan lemak mengalir ke dalam daging sehingga memberikan tekstur yang lembab dan juicy.