Rahasia Masakan Ayam Kecap Terasa Istimewa

By dina, Kamis, 11 Mei 2017 | 11:46 WIB
Rahasia Masakan Ayam Kecap Terasa Istimewa (dina)

SajianSedap.com – Sesungguhnya, rahasia membuat masakan ayam kecap sederhana terasa istimewa merupakan perkara mudah asal kita kreatif.

Soalnya, ayam dan kecap merupakan bahan-bahan yang bersahabat di dapur. Jika dikombinasikan, mereka hampir tidak mungkin gagal.

Agar cita rasanya lain dari yang lain, ternyata cara yang bisa kita gunakan adalah mengubah cara masaknya.

Alih-alih membuat ayam kecap berkuah seperti biasa, mengapa tidak memanggang atau membakarnya?

Cara memasak yang beda ini akan membuat keluarga kagum dengan rasa masakan ini. Bisa-bisa, masakan ayam ala restoran pun kalah, lho.

Dalam membuat ayam kecap panggang untuk empat porsi, gunakan fillet dada ayam atau paha ayam yang dibelah melebar.

Lalu, haluskan 2 cm kunyit bakar, 8 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 buah cabai merah keriting, dan ½ sendok teh ketumbar bubuk.

Baca Juga: Pantas Ayam Kecap Buatan Resto Bumbunya Meresap, Cara Masak Ini Sering Diabaikan Hingga Hasilnya Gagal

Campur dengan 2 sendok makan kecap manis, ½ sendok teh garam, ¼ sendok teh merica, dan 1 sendok teh margarin yang dilelehkan.

Rendam fillet dada dan paha ayam di air jeruk nipis dan garam, lalu rendam di campuran bumbu selama 1 jam. Panggang di loyang yang telah dialasi aluminium foil berlapis margarin selama 30 menit di suhu 180 derajat celcius.

Ayam kecap panggang tidak perlu banyak bumbu tambahan karena rasanya sudah kaya. Pematangannya pun cepat karena menggunakan fillet. Agar bisa lebih cepat, fillet ayam pun bisa kita pipihkan sebelum diolah.

Sementara itu, ayam bakar kecap lebih istimewa lagi. Apalagi jika menggunakan ayam kampung. Potong-potong ayam jadi empat bagian, lalu rendam dengan air asam jawa dan garam selama 15 menit.