Makanan Khas Paskah Dari Seluruh Dunia Ini Bisa Jadi Inspirasi Hidangan Istimewa Di Akhir Pekan

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 15 April 2017 | 06:48 WIB
Makanan Khas Paskah Dari Seluruh Dunia Ini Bisa Jadi Inspirasi Hidangan Istimewa Di Akhir Pekan (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.com - Sama seperti perayaan besar lainnya, hari Paskah juga selalu diwarnai dengan acara kumpul-kumpul bersama keluarga besar. Kalau ada kumpul, sudah pasti ada juga makanan yang tersaji. Biasanya, makanannya spesial dan hanya dihadirkan di hari Paskah. 

      Walau identik dengan telur dan kelinci, bukan berarti saat Paskah orang juga memasak hidangan serba telur atau berdaging kelinci. Makanan khas Paskah justru jauh dari keduanya. Setiap daerah atau negara menghadirkan makanan yang berbeda sesuai dengan tradisi di sana.

      Nah, walau Indonesia tidak merayakah Paskah semeriah negara lain, tak ada salahnya kita intip makanan khas Paskah di seluruh dunia. Makanan-makanan ini bisa jadi inspirasi hidangan istimewa untuk akhir pekan bagi keluarga di rumah, 

1.L'agneau Pasca l - Prancis

      Makanan lezat ini berbahan dasar kaki domba yang hanya dibuat dengan 5 bahan saja, Bawang putih, garam, merica, minyak zaitun, dan kaki domba. Kadang-kadang dapat juga dibuat makin lezat dengan menambahkan rosemary.

2. Ham – Amerika

      Masyarakat Amerika selalu menyantap ham saat Paskah datang. Itu karena sejak jaman dulu sebelum ada kulkas, orang Amerika selalu menyembelih hewan saat musim gugur dan dagingnya diasap agar awet disantap saat minggu Paskah. Ham biasa disajikan bersama saus madu atau irisan nanas.   

3. Tsoureki  - Yunani

Makanan ini adalah sejenis roti berbentuk kepang khas Yunani yang selalu dibuat dengan rasa manis. Roti beragi yang dibumbui hanya dengan jeruk dan mahlepi (sejenis bumbu dari cherry). Yang unik, Tsoureki selalu diberi hiasan telur merah yang diletakkan di antara jalinan roti. Telur ini melambangkan darah dan pengorbanan Kristus bagi manusia. 

4. Fanesca - Ekuador

Fanesca adalah hidangan Paskah yang wajib ada di Ekuador. Makanan ini adalah sejenis sup yang kaya akan bahan-bahan utama seperti labu kuning, 12 jenis kacang-kacangan termasuk lupin, habas, lenting, kacang polong, jagung dan lainnya serta bacalo (ikan cod yang diasinkan) yang dimasak dengan susu. Orang-orang percaya jika 12 kacang melambangkan 12 Murid Yesus dan ikan asin cod melambangkan Yesus sendiri. 

5. Mammi – Finlandia

Di Finlandia, makanan paskah yang paling terkenal justru adalah makanan penutup dan bukan makanan utama. Bentuknya mungkin seperti oreo dalam susu, tapi makanan ini tidak sesederhana itu. Mammi terbuat dari air, biji gandung, molase (pemanis seperti sirup berwarna kecokelatan) dan tepung gandum yang perlu dimasak semalaman sebelum disajikan bersama krim.