Ini Dia Rahasia Sukses Membuat Tumpeng yang Bisa Ditiru Siapa Saja

By Virny Apriliyanty, Rabu, 16 Agustus 2017 | 03:45 WIB
Ini Dia Rahasia Sukses Membuat Tumpeng yang Bisa Ditiru Siapa Saja (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.grid.id – Membuat tumpeng bisa dibilang susah-susah gampang. Sepintas kelihatan mudah karena hanya berupa nasi kuning biasa yang dicetak bentuk kerucut. Tapi kalau sudah dipraktikkan, ada-ada saja "cacat"nya. Nah, supaya tumpeng kita bisa anticacat, yuk intip rahasia sukses membuat tumpeng yang bisa ditiru siapa saja ini, 

1. Nasi Kuning Cantik 

      Menguningkan nasi tumpeng bisa dengan dua cara. Pertama, santan direbus bersama bubuk kunyit atau kunyit parut sampai mendidih bersama salam dan serai. Setelah itu beras diaroni di dalam santan. 

       Bisa pula beras direndam dalam air kunyit lalu baru dimasak dengan cara biasa. Kedua cara ini bisa dilakukan untuk menghasilkan warna kuning yang cantik. Tapi, cara pertama biasanya lebih banyak dipilih. 

2. Tampilan Tumpeng Kuning Mengkilat

      Agar tumpeng tampak mengkilat, setelah diaron, percikkan sedikit air jeruk nipis. Penambahan air jeruk nipis bisa juga dilakukan begitu nasi diangkat.

(Baca juga: KENAPA TUMPENG BENTUKNYA KERUCUT?)  

3. Tumpeng Retak

       Nah, ini pertanda beras untuk tumpeng terlalu keras atau terlalu kering. Untuk mengatasinya, kita bisa menambahkan beras ketan ke dalam aron. Caranya, rendam dulu beras dan ketan beberapa jam sebelum dimasak. Setelah itu proses memasak seperti membuat nasi pada umumnya. Ingat, tumpeng juga sebaiknya ditutupi plastik untuk mencegah kekeringan.

4. Agar Tumpet Tidak Jadi Keras

      Sangat mungkin tumpeng yang dibuat dengan ukuran pas, jadi keras karena pencetakan yang keliru. Hati-hati ketika memasukkan nasi ke dalam cetakan. Jangan terlalu ditekan supaya nasi tumpeng nanti tidak keras. Kalau sudah dicampurkan sedikit beras ketan, biasanya tumpeng akan saling merekat meski tidak terlalu tekan.

(Baca juga: Ayam Goreng Lengkuas Sedap Siap Dalam 3 Langkah Mudah)