Benjol Segede Bakpao? Ketahui Dulu, Ini Ukuran Bakpao di Seluruh Dunia

By Virny Apriliyanty, Minggu, 19 November 2017 | 07:22 WIB
Benjolan Segede Bakpao? Ketahui Dulu, Ini Ukuran Bakpao di Seluruh Dunia (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.grid.id – Orang sedang ramai-ramai bicara soal bakpao. Penyebabnya lantaran kata “Benjolan Sedege Bakpao” sedang viral di media sosial. Pertanyaannya, memang sebenarnya ada berapa banyak sih ukuran bakpao?   

      Nah, supaya makin jelas, kami sudah merangkumkan untuk Anda ukuran seluruh bakpao di dunia. Ada yang kecil sampai yang besar sekali hingga tercatat di Guinness World Records. Unik kan? Yuk kita simak.

Di Negara Asalnya Hanya Ada 2 Ukuran Bakpao

      Bakpao memang bisa kita temukan dimana saja. Tidak heran sih, soalnya segala makanan khas Chinese memang sudah sangat mendunia. Bakpao sendiri diambil dari kata “Bak” berarti daging dan Pao (Bao) yang berarti bungkusan. Artinya, roti kukus dibuat seperti kantung lalu diberi isian daging. Nah, di Negara asalnya, bakpao dibuat dalam 2 ukuran saja, lo.

      Jenis bakpao pertama berdasarkan ukurannya adalah Dabao. Dabao dalam bahasa Indonesia berarti bungkusan besar sehingga merujuk pada bakpao dengan diameter di atas 10 cm. Dabao biasanya hadir sebagai sarapan atau makanan cepat saji yang siap menganjal lapar. Makan satu buah saja sudah cukup membuat perut kenyang. Dabao kebanyakan dijual dikaki lima dan dibeli untuk dibawa pulang (tidak makan di tempat), mirip seperti bakpao di Indonesia.

(Baca juga: Cobek Sering Luntur dan Berpasir? Tenang Saja, Ada Cara Mengatasinya)

(Baca juga: Tepung Apa yang Menghasilkan Pisang Goreng Paling Renyah? Temukan Jawabannya Pada Percobaan Ini )

      Jenis bakpao kedua adalah xiaobao yang berarti bungkusan kecil. Ukurannya relatif lebih kecil, sekitar 5 cm. Xiaobao hadir lebih berkelas karena biasanya dijual di restoran dimsum. Satu porsinya berisi 3 buah xiaobao. Hampir sama kan dengan bakpao di restoran dimsum Indonesia?

      Kedua ukuran bakpao inilah yang kemudian berkembang di seluruh dunia. Di Indonesia, kita menyebutnya dengan bakpao. Malaysia menyebutnya Pau, Filipina mengenalnya dengan Siaopao, sedangkan Thailand menyebutnya dengan Salapao. Semuanya hadir dengan ukuran masing-masing, tapi biasanya tidak lebih besar dari 10 cm (Dabao).

(Baca juga: Supaya Tahu Goreng Tidak Keriput, Ingat Selalu Cara Menggoreng Ini!)

(Baca juga: Supaya Tak Gagal Membuat Sus, Wajib Tahu Kesalahan yang Bikin Sus Tak Meninggi)

Bakpao Terbesar di Dunia Raih Guinness World Records