Lebih dari Sekedar Kuliner, No Reservations, Acara Nyeleneh Warisan Anthony Bourdain

By David Togatorop, Jumat, 8 Juni 2018 | 22:50 WIB
No Reservations, acara kuliner nyeleneh (Google)

Sajiansedap.grid.id - Nama Anthony Bourdain mungkin lebih dikenal sebagai seorang chef dan seorang selebriti televisi.

Namun sebenarnya Bourdain lebih dari itu. 

Tidak bisa dikatakan dengan jelas apa sebenarnya yang ia lakukan. Dalam acara televisinya, "No Reservations" Bourdain tidaklah benar-benar memasak seperti yang dilakukan para chef pada umumnya dalam acara memasak.

Bila dikatakan "No Reservations" adalah acara memasak, maka sebenarnya lebih dari itu. Sebab, Bourdain mengunjungi berbagai tempat di pelosok dunia, dan bukan tempat yang umum dikunjungi.

BACA JUGA: Ternyata Ini 5 Saus Andalan Semua Chef Restoran Chinese, Langsung Contek!

"No Reservations" mulai tayang pada tahun 2005 dan menyelesaikan tujuh tahun perjalanannya pada tahun 2012.

Apakah "No Reservations" adalah acara "jalan-jalan" yang menunjukkan berbagai tempat eksotis untuk memancing pemirsanya segera memesan tiket ke agen perjalanan?

Tidak juga.

"No Reservations" mengunjungi tempat-tempat yang seakan dipilih secara acak. Tidak melulu tempat yang tidak ada dalam peta, namun juga tempat yang memang populer dan tujuan wisata, misalnya ibu kota sebuah negara besar.

Dalam sebuah episode "No Reservations" diperlihatkan bagaimana Bourdain dan tim memilih tempat mana yang dikunjungi. Tim itu mendapatkan ratusan surat dan email yang membujuk mereka untuk mendatangi suatu tempat.

BACA JUGA: Chef Silvia Baldini: Ini Masakan yang Harus Anda Kuasai Sebelum Berumur 30 Tahun!

Entah metode apa yang dipakai Bourdain hingga akhirnya dia memilih suatu daerah tertentu. Mungkin karena isi surat itu yang menunjukkan suatu hal tidak biasa.