Sajiansedap.com – Platform e-grocery shopping di Indonesia, Astro, pada Rabu (12/6) resmi memperkenalkan kampanye “Ada yang Baru, Ada yang Biru ".
Kampanye ini diluncurkan dengan identitas dan logo terbaru, sebagai manifestasi atas komitmen untuk terus berkembang dan beradaptasi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis.
Tak hanya itu, Astro sebagai #TemanAndalan juga meluncurkan inovasi layanan “Jaminan Garansi”.
Yakni memberikan jaminan penggantian barang baru bila produk yang diterima pelanggan bermasalah, serta penggantian 100% ongkir bila pesanan datang terlambat.
Pada peluncuran kampanye “Ada yang Baru, Ada yang Biru", Astro mengajak puluhan drivers-nya berkonvoi membirukan Jakarta dengan menampilkan logo, seragam dan identitas birunya yang baru.
Vincent Tjendra, Co-founder & CEO Astro, menyampaikan, “Identitas biru yang baru ini mencerminkan pendekatan Astro yang modern, dinamis, dan berpusat pada pelanggan.”
Hal ini, lanjutnya, memperkuat peran Astro sebagai #TemanAndalan bagi para pelanggan.
Kampanye ini juga, kata Vincent, mempertegas janji pihaknya untuk memberi pengalaman belanja yang aman dan nyaman bagi pelanggan lewat berbagai inovasi, baik dari sisi layanan maupun produk.
“Dengan memperluas layanan Astro, kami ingin menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk menikmati layanan Astro di lebih banyak lokasi di wilayah Jadetabek,” imbuh Vincent.
Baca Juga: Pasti Lebih Enak Disantap, Begini Cara Mengempukkan Daging Dengan Mudah
Baca Juga: Resep Daging Cah Taoge, Pelengkap Lauk Spesial yang Wajib Dibuat untuk Hari Ini
Peran Penting Program Jaminan Berbelanja di E-Commerce
Pasar e-commerce Indonesia diperkirakan akan melampaui 53 miliar dolar AS pada tahun 2025.
Hal ini menunjukkan peningkatan kepercayaan konsumen dalam belanja online dan sistem pembayaran digital yang semakin membaik.
Indonesia telah menjadi pasar e-commerce terbesar ketiga di dunia (https://www.lek.com/insights/pt/e-groceries-indonesia), di bawah Cina dan Amerika Serikat.
Hal ini terjadi karena pendapatan per kapita Indonesia yang lebih tinggi, akses internet yang lebih luas, dan adanya urbanisasi.
Berdasarkan laporan L.E.K. Consulting (https://www.eastspring.com/docs/librariesprovider6/our-perspectives/spring-of-life/2020/spring-of-life---mar-2022.pdf), 96% populasi Indonesia memiliki ponsel, dengan 76% di antaranya memiliki akses internet.
Lebih dari 65% populasi berada di bawah usia 44 tahun, yang menunjukkan perilaku belanja impulsif yang relatif lebih tinggi.
Kondisi demografis dan perilaku belanja ini menunjukkan, masih ada peluang besar untuk mengembangkan pasar e-groceries di Indonesia.
Yang mana penetrasi pasar diperkirakan akan tumbuh dari 1% pada tahun 2020 menjadi 3% pada tahun 2024 (https://www.eastspring.com/docs/librariesprovider6/our-perspectives/spring-of-life/2020/spring-of-life---mar-2022.pdf)
Selain percepatan layanan, program jaminan saat berbelanja juga memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap transaksi online.
Laporan Nielsen menyatakan, 72% konsumen Indonesia lebih memilih situs e-commerce yang menawarkan jaminan terhadap produk cacat atau palsu, sehingga meningkatkan kepercayaan mereka dalam transaksi online.
Hingga 2023, Gross Merchandise Value (GMV) e-groceries di Indonesia mencapai 1 miliar dolar AS, dengan Astro menguasai 5% dari pasar e-groceries di Indonesia. (https://www.consultancy.asia/news/3941/covid-19-a-catalyst-for-growth-in-indonesias-e-grocery-market)
Astro juga telah mengkonsolidasikan posisinya sebagai satu-satunya pemain quick commerce e-grocery di Indonesia, memberikan Astro pangsa pasar 100% dalam quick commerce di e-grocery.
Baca Juga: Camilan Murah Meriah dan Bikin Kalap! Yuk, Bikin Resep Kering Pangsit Rebon
Baca Juga: Harus Tahu, Cara Mengolah Jeroan Hewan Kurban Agar Tidak Bau dan Cepat Empuk
Hadir 24 Jam Selama 7 Hari, Sediakan 15 Ribu Produk
Menyambut tren belanja di Indonesia, Felix Aprilio Rahardjo, VP of Channel Operations, menjelaskan “Astro menjamin pengiriman cepat dan diterima dalam hitungan menit.”
Pihaknya, ujarnya, berkomitmen pada keunggulan operasional dan layanan yang berfokus kepada pelanggan, memastikan pengalaman belanja yang lancar 24/7.
Pendekatan ini menghemat waktu dan energi pelanggan, memungkinkan mereka untuk fokus menjalankan kesibukan mereka sehari-hari.
Jaminan garansi yang hadir di Astro merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dalam melakukan transaksi online.
“Hal ini memastikan Astro hadir menjadi #TemanAndalan yang membuat berbelanja terasa aman dan nyaman,” imbuh Felix.
Hadir selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, Astro menyediakan lebih dari 15.000 produk kebutuhan harian, memastikan konsumen memiliki akses mudah dan cepat ke berbagai barang.
Mulai dari bahan makanan segar dan produk kebersihan, hingga berbagai perlengkapan rumah tangga lainnya.
Melalui layanan terbaru Jaminan Garansi, jika terjadi kesalahan dalam pengiriman produk, Astro berkomitmen segera memperbaiki kesalahan tanpa penundaan, dan memastikan konsumen menerima produk yang sesuai dengan pesanan mereka.
Klaim garansi dapat dilakukan dengan mudah oleh konsumen melalui tiga langkah sederhana:
Selain itu, lewat Jaminan Garansi, konsumen tak perlu khawatir soal keterlambatan pengiriman karena Astro menjamin pengembalian uang 100% jika terjadi keterlambatan.
Dengan komitmen ini, Astro terus memperkuat posisinya sebagai #TemanAndalan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia, dengan cara paling praktis dan terpercaya.
Manfaat dan Penggunaan Tawas, Benarkah Bahan Kimia Ini Ampuh untuk Mengusir Bau Badan?
Penulis | : | Intan Yusan S |
Editor | : | Intan Yusan S |
KOMENTAR