Rutin Makan Ikan Bisa Turunkan Risiko Stroke dan Gagal Jantung? Ini Alasannya Menurut Para Ahli

By Miyanti, Jumat, 23 November 2018 | 13:45 WIB
Manfaat rutin makan ikan (ilustrasi) (Kompas)

Sajiansedap.id - Indonesia adalah salah satu negara maritim yang memiliki kekayaan laut berlimpah.

Tidak heran jika ikan sering menjadi lauk makan nasi sehari-hari.

Selain mudah didapat, makanan laut yang satu ini kaya akan berbagai nutrisi penting seperti asam lemak omega 3, protein berkualitas tinggi, serta berbagai vitamin (salah satunya vitamin D) dan mineral lainnya yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Nah, tahukah kamu kalau membiasakan diri makan ikan setidaknya dua kali seminggu bisa membantu menjaga kesehatan jantung?

Ikan merupakan salah satu sumber asam lemak omega 3 terbaik yang penting untuk tubuh dan otak.

Dalam jurnal Circulation terbitan tahun 2002, American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa membiasakan makan ikan tinggi omega-3 dua kali seminggu membantu mengurangi risiko gagal jantung, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke iskemik.

Eric B. Rimm, Sc.D., profesor epidemologi dan nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston yang juga salah satu penulis penelitian, menyatakan bahwa ikan menjadi sumber protein yang lebih sehat dibandingkan dengan daging yang kaya akan lemak jenuh.

Hal ini diperkuat oleh penelitian lain yang membuktikan bahwa mengganti tiga persen protein dari daging olahan dengan ikan dapat menurunkan 31 persen risiko kematian akibat komplikasi jantung atau stroke.

Baca Juga : Resep Masak Mangut Lele Kemangi, Olahan Ikan Berkuah Santan Yang Rasa Dan Aromanya Juara Banget