Kasih Tahu ART Sekarang! Stop Menyimpan Makanan Panas di Kulkas Mulai Detik ini Juga, Efeknya Merugikan Banget untuk Seisi Rumah

By Virny Apriliyanty, Jumat, 21 Januari 2022 | 11:10 WIB
Makanan panas di kulkas (Getty Images/iStockphoto/anna avdeeva)

SajianSedap.com - Pernahkah Anda mendengar himbauan untuk jangan menaruh makanan panas di kulkas? Pasti pernah deh!Tapi, berapa banyak dari kita yang malah menyepelekannya ?Ternyata, himbauan ini serius harus diikuti, lo.Soalnya, efeknya bisa merugikana banget untuk seisi rumah.Harus tahu supaya gak nyesel kemudian.Jangan Pernah Simpan Makanan Panas di KulkasKulkas atau lemari es menjadi salah satu perangkat elektronik yang hampir dimiliki setiap hunian.Berfungsi menyimpan makanan dan minuman menjadi lebih tahan lama, kulkas harus memberikan hawa dingin untuk proses pengawetan.

Baca Juga: Saking Kinclongnya, Kompor Gas di Rumah Akhirnya Bisa Bersih Lagi, Modalnya Cuma Pakai 2 Bahan Dapur Ini Saja!

Akan tetapi, pada masa atau kondisi tertentu, kulkas kemungkinan mengalami permasalahan atau kerusakan, satu di antaranya tidak lagi dingin.Kulkas yang tidak dingin tentu tidak bisa menyimpan makanan dan minuman menjadi tahan lama sehingga pada akhirnya tidak bisa digunakan.Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (7/5/2021), menyimpan makanan atau minuman yang masih panas ternyata bisa jadi salah satu penyebabnya.Pasalnya, makanan panas mengakibatkan suhu dalam kulkas ikut panas.Ini terjadi karena bunga es menjadi mencair dan menyebabkan saluran udara dingin mengalami kerusakan akibat suhu panas yang dihasilkan makanan atau minuman panas tersebut.Karena itu, hindari menyimpanan makanan adan minuman yang masih panas ke kulkas.Tunggu sampai makanan dan minuman benar-benar dingin.Kalau kebiasaan ini terus dilakukan, efeknya bisa bikin kita sampai ganti kulkas, lo.Belum lagi kalau kulkas tidak dingin, tanpa sadar makanan bisa ikut busuk dan termakan keluarga, lo.

Baca Juga: Ketemu Juga Caranya Bikin Bihun Goreng Mirip Abang-abang, Hasilnya Gak Bakal Menggumpal di Wajan, Pakai 2 Trik Ini saat Dimasak

Bahaya banget.Dampak Buruk Simpan Saus Sambal Di KulkasTernyata tidak semua bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas jadi tahan lama.Beberapa justru malah mengalami perubahan warna dan rasa.Agar tidak salah lagi, simak penjelasan di bawah ini, ya!Dilansir dari Gridhits.id, Saat disimpan di kulkas, pasti bingung kenapa saus sambal jadi mengendap.Saus pun jadi susah dikeluarkan saat akan dipakai.Tapi bukan hanya itu alasan kenapa saus sambal tidak boleh disimpan di dalam kulkas.Pada dasarnya, saus sambal sudah mengandung bahan pengawet alami.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Tak Sengaja Lihat Tetangga Sering Masukkan Kulit Pisang ke Minyak Goreng sebelum Memasak, Setelah Coba Sendiri Efeknya Sungguh Diluar Dugaan, Nyesel Gak Tahu dari Dulu

Bahan tersebut adalah cuka.Dalam beberapa penelitian, cuka terbukti menjadi pengawet alami yang bisa digunakan pada hampir seluruh makanan.Cuka dapat membunuh bakteri E. Coli yang bisa menyebabkan bakteri dan penyakit gangguan pencernaan lainnya.Efek cuka ini akan semakin efektif saat ditambahkan garam.Nah, kedua bahan aktif ini sudah terkandung di dalam saus sambal.Dengan begini, saus sambal akan dapat bertahan dalam suhu ruang tanpa harus masuk ke dalam kulkas.Kita hanya perlu melihat tanggal kadaluarsa pada kemasan untuk lebih amannya.Lagipula penyimpanan saus sambal di dalam kulkas juga kurang efektif, apalagi di dalam botol.Saus sambal yang disimpan di dalam kulkas bisa membuat saus menjadi berair.

Baca Juga: Pengidap Diabetes Akhirnya Bisa Makan Nasi dengan Tenang, Caranya Cukup Tambahkan Jeruk Nipis dan 1 Bahan Ini, Kadar Gulanya Bisa Turun!

Soalnya suhu kulkas yang dingin akan membuat embun di dalam botol dan menggenangi saus sambal.Rasa pedasnya pun jadi berkurang.Itulah alasan mengapa saus sambal tidak boleh disimpan di dalam kulkas.Gimana? Sudah tidak bingung lagi kan.