Iseng Lihat Tetangga Tuang Air Cuka ke Dalam Dispenser yang Lama Tak Dibersihkan, Wanita Ini Shock Saat Lihat Kondisi Air yang Keluar! Langsung Ikutan di Rumah

By Virny Apriliyanty, Jumat, 28 Januari 2022 | 11:25 WIB
Cara membersihkan dispenser dengan cuka ()

SajianSedap.com - Banyak orang jarang membersihkan dispenser di rumahnya.Dianggapnya dispenser sebagai barang yang memang tak bisa dibersihkan.Padahal hal itu salah besar, lo.Dispenser yang lama tak dibersihkan justru akan menjadi sarang penyakit.Nah, kalau Anda tak pernah membersihkan dispenser, coba deh pakai trik satu ini.Coba tuang air cuka ke dalamnya dan lihat apa yang terjadi.Cara Membersihkan Dispenser dengan CukaMengutip Tribunnews.com, Jumat (14/9/2012), dahulu perusahaan dispenser selalu memberikan layanan gratis untuk pembersihan dispenser.Akan tetapi, kurangnya pengetahuan dan peralatan profesional, petugas servis gratis tersebut hanya membersihkan bagian luarnya saja.

Baca Juga: Bisa Seenak Buatan Warteg, Begini Cara Bikin Kuah Kari yang Kental dan Lezat, Tambahan 1 Bahan Ini Jadi Rahasianya

Yuk cari tahu cara bersihkan dengan benar.Pertama-tama kita bisa mulai dengan membersihkan bagian dalam dispenser.1. Cabut kabel listrik yang tersambung.2. Angkat galondan pastikan tidak ada sisa air yang tertinggal di dalam wadah dispenser.3. Campurkan 1 sdt (5 ml) cuka dengan 1 liter air. Tuangkan ke dalam wadah dispenser, diamkan selama 2 menit hingga 5 menit. Jangan terlalu lama merendam wadah dispenser dengan campuran cuka, karena untuk menghindari korosi plastik.4. Selanjutnya, isi wadah dispenser dengan sedikit air, lalu buang air tersebut.5. Lakukan sebanyak 4 kali. Pastikan tidak ada campuran cuka yang tertinggal di dalam dispenser.Selain cuka, bisa juga menggunakan 2 sdm air jeruk lemon.Cuka akan membawa serta kotoran dari dalam dispenser.

Baca Juga: Oh! Pantes Daging Bandeng Gak Hancur saat Dipresto, Ternyata Sebelum Direbus Dioles Dulu Pakai Bahan Ini, Ibu-ibu Bisa Bikin Sendiri!

Jadinya, air yang keluar tentu harus kita buang berulang kali sebelum bisa kembali digunakan.Cara Membersihkan DispenserDispenser perlu rutin dibersihkan untuk menjaganya tetap higienis dalam menampung air minum.Mengutip dari Kompas.com, berikut ini adalah cara membersihkan dispenser tanpa harus membongkarnya.1. Cabut steker dan pindahkan dispenserSebelum memulai membersihkan dispenser, jangan lupa menyabut steker dan pindahkan dispenser ke tempat pembersihan seperti teras rumah.Lindungi kabel listrik dispenser agar tidak terkena air sedikit pun.2. Lap dengan kanebo bersihSetelah dipindahkan, bersihkan semua permukaan luar dispenser menggunakan kanebo dan sedikit sabun cuci piring.

Baca Juga: Dilarang Mertua Beli Bawang Merah Bertunas, Ternyata Alasannya Wajib Diketahui Ibu-ibu Se-Indonesia, Jangan Salah Beli Lagi!

Kemudian, seka seluruh permukaan luar dispenser sampai bersih. 3. Siram dengan air selangSetelah menyekanya, siram seluruh permukaan dispenser menggunakan air bersih yang mengalir sehingga kotoran langsung hilang.Jangan lupa sambil menyekanya ketika menyiramnya.4. Bersihkan bagian dalam dispenserBuka corong dispenser yang menjadi tempat untuk meletakkan galon, lalu bersihkan bagian dalam dispenser dengan air bersih yang mengalir.Sebelum dibersihkan, pastikan posisi semua keran dispenser terbuka untuk mengeluarkan air.Moms bisa menyemprotkan air dari selang ke dalam lubang tempat meletakkan galon. Biasanya, terdapat dua lubang yang mengalirkan air pada bagian dalam dispenser.Lubang pertama lubang untuk air panas, sedangkan lubang kedua untuk air dengan suhu normal atau dingin.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Kebongkar Juga Rahasia Rumah Makan Padang! Cara Lenyapkan Bau Prengus Kikil Ternyata Kuncinya Direbus dengan Rempah Ini, Gak Bakal Bau Lagi

Usahakan air yang keluar dari selang bertekanan kencangagar kotoran serta lumut di bagian dalam dispenser terkikis keluar melalui keran air dispenser.5. Tampung air untuk memastikanUntuk mengetahui apakah bagian dalam dispenser sudah bersih atau belum, kita bisa memanfaatkan gelas bening.Saat lubang galon di bagian atas dispenser terus disemprotkan air dari selang, tampung air yang keluar dari keran dispenser dengan gelas bening.Perhatikan air pada gelas, apakah benar-benar bersih atau masih membawa kotoran. Lakukan hal ini sampai air yang keluar dari keran dispenser benar-benar bersih.6. Bersihkan corong dispenserSetelah melakukan langkah-langkah di atas, sekarang membersihkan corong dispenser.Bersihkan corong dispenser menggunakan sedikit sabun, lalu gosok-gosok semua permukaannya hingga bersih.Setelah bersih, keringkan dan letakkan kembali corong dispenser ke tempatnya.

Baca Juga: Gak Sengaja Dibocorkan Pemilik Bakery! Ternyata Ini Tips Bikin Sagu Keju yang Garing Tahan Lama, Ternyata Gak Bisa pakai Sagu Biasa

7. Lap dispenser dengan kain kering bersihTerakhir, kita hanya perlu mengelap permukaan luar dispenser dengan kain kering bersih untuk mengeringkannya.Bila sudah dilap, artinya roses pembersihan dispenser pun selesai.Namun, jangan langsung memasukkan dispenser kembali ke tempatnya.Diamkan terlebih dahulu sampai semua bagian dispenser benar-benar kering.