Padahal Sering Dilakukan Warung Makan! Masak Pakai Kayu Bakar Bisa Jadi Penyebab Penyakit Mematikan Ini, Baru Tahu Sekarang

By Idam Rosyda, Minggu, 30 Januari 2022 | 12:25 WIB
Kesibukan sehari-hari di salah satu dapur warga di kawasan perbukitan Mollo, Timor Tengah Selatan. tampak tungku dengan menggunakan kayu bakar. (Feri Latief/National Geographic Indonesia)

SajianSedap.com - Penggunaan kayu bakar sebagai bahan bakar untuk memasak memang sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Meski sudah ada kompor gas, namun penggunaan kayu bakar untuk memasak kerap dipilih untuk memberikan aroma yang khas pada makanan.

Tidak heran jika masih banyak warung makan atau restoran terkenal masih menggunakan kayu bakar untuk mempertahankan rasa otentik masakan.

Bahkan jika Anda pernah berwisata ke Jogja, ada salah satu penjual gudeg yang menjual masakannya secara langsung di dapur kayunya.

Hal ini pun menjadi ciri khas tempat makan gudeg tersebut.

Meski kerap dipilih untuk menjadi bahan bakar masakan, rupanya ada bahaya yang menyimpan jika memasak menggunakan kayu bakar ini.

Bukan terhadap makanannya, melainkan pada orang yang memasaknya.

Bahkan bisa memicu gangguan kesehatan yang berbahaya.

Lalu apa bahaya memasak menggunakan kayu bakar ini?

Baca Juga: Kebongkar Juga Rahasia Rumah Makan Padang! Cara Lenyapkan Bau Prengus Kikil Ternyata Kuncinya Direbus dengan Rempah Ini, Gak Bakal Bau Lagi

Risiko Memasak dengan Kayu Bakar

Hampir sebagian besar masyarakat di seluruh dunia, jatuh pada pilihan memasak makanan mereka dengan menggunakan kayu, batu bara, ataupun bahan bakar padat lainnya.