Sejak Muda Sering Minum Air Rebusan Daun Pandan Sampai Istri Bingung, Pas Tua Pria Ini Justru Alami Hal Luar Biasa dalam Tubuhnya! Gak Akan Nyesel

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 19 Maret 2022 | 10:25 WIB
Air rebusan daun pandan untuk atasi darah tinggi (houseofannie.com)

SajianSedap.com - Daun pandan memang kepake banget di banyak masakan Indonesia.

Makanya, tanaman pandan pun banyak ditanam di sekitaran rumah, lo.

Nah, di zaman dulu, nenek moyang kita ternyata juga banyak menggunakan daun pandan sebagai obat herbal.

Caranya tinggal rebus daun pandan lalu minum airnya dua kali sehari.

Dalam beberapa hari tubuh akan merasakan perubahan luar biasa ini.

Bahkan dalam jangka waktu panjang efeknya juga luar biasa banget.

Manfaat Air Rebusan Daun PandanSelain sebagai bumbu masakan, daun pandan bisa secara langsung dikonsumsi lewat air rebusannya.Melalui air rebusan, salah satu jenis tanaman yang sering dijumpai ini ternyata bisa menjelma sebagai obat rumahan yang ampuh.

Baca Juga: Kaum Menteng, Lesser-Known Traditional Foods From Rural Indonesia Get Spotlight They Deserve

Hanya dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan secara rutin setiap hari, seseorang sudah mendapatkan obat rumahan yang ampuh.Bahkan diklaim bisa mencegah dan mengobati penyakit mematikan yang kapan saja bisa menyerang manusia.Kandungan berbagai senyawa yang baik untuk tubuh membuatnya efektif menangkal penyakit berbahaya.Seperti yang diketahui bersama bahwa kebanyakan orang menggunakan daun pandan sebagai penambah aroma dalam masakan.Ataupun dijadikan sebagai pewarna alami untuk makanan, namun daun pandan ternyata juga bisa langsung dikonsumsi dengan cara direbus.Cukup dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore hari satu gelas air rebusan daun pandan bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.Dilansir BolaStylo.com dari Suar.id, berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang diberikan air rebusan daun pandan untuk tubuh manusia.1. DiabetesManfaat kesehatan yang pertama adalah mampu merendahkan kadar diabetes dan mencegah seseorang terkena penyakit ini.

Baca Juga: Resep Chiffon Pandan Kacang, Kudapan Lembut Dengan Aroma Nikmat yang Begitu Menggoda

Air rebusan daun pandan bisa dijadikan sebagai pengganti gula dan pengganti rasa manis secara alami.2. Mengatasi InsomniaDaun pandan merupakan salah satu jenis tanaman yang mengandung senyawa alkaloid, efek yang diberikan senyawa ini mampu menenangkan tubuh.Sehingga, mengonsumsi air rebusan daun pandan secara rutin bisa menjadi solusi efektif bagi seseorang yang mengalami masalah susah tidur.3. AntikankerDalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak yang terkandung pada daun pandan mengangung sitotoksik, antiproliferatif dan apoptosis.Beberapa kandungan ini diketahui sangat bermanfaat untuk terapi kanker, selain itu kandungan tersebut juga mampu dijadikan sebagai penangkal racun.

Rebusan Jahe dan Duan Pandan Bisa Mengatasi Migrain